PERAN TOKOH AGAMA DALAM MEMPERKUAT PEMAHAMAN MODERASI BERAGAMA UPAYA MENANGKAL PAHAM RADIKALISME (STUDI KASUS DI DESA SURYA ADI KECAMATAN MESUJI KAB OKI)

Monika, Febriana (2023) PERAN TOKOH AGAMA DALAM MEMPERKUAT PEMAHAMAN MODERASI BERAGAMA UPAYA MENANGKAL PAHAM RADIKALISME (STUDI KASUS DI DESA SURYA ADI KECAMATAN MESUJI KAB OKI). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat menjawab pertanyaan bagaimana bentuk Peran Tokoh Agama dalam memperkuat pemahaman moderasi beragama, bagaimana bentuk upaya yang dilakukan tokoh agama tokoh agama agar dapat menangkal paham radikalisme, dan apa saja peluang dan tantangan dalam memberikan pemahaman moderasi beragama upaya menangkal paham radikalisme di Desa Surya Adi Kecamatan Mesuji Kab. OKI. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis kualitatif deskriptif, menggunakan pendekatan lapangan. Sumber data primer dalam penelitian ini Ketua Nadhatul Ulama, dua tokoh agama, dan ketua tokoh. Metode pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tehnik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya bentuk peran tokoh agama dengan cara bersosialisasi, bentuk peran tokoh agama dengan cara kajian rutin, dan bentuk peran tokoh agama dengan cara metode didaktik dan metodik. Adapun bentuk upaya dalam menangkal paham radikalisme yaitu menyampaikan ilmu pengetahuan dengan baik dan benar, menanamkan sikap tasamuh saling menghargai (toleransi), dan memberikan pembinaan dan pengarahan kepada masyarakat. Adapun peluangnya adaah membiasakan adat istiadat, membuka ruang publik, mewujudkan kerukunan antar bangsa. Dan tantangannya yaitu perbedaan dalam pola berfikir antar individu, rendahnya dalam minat masyarakat dalam berdialog, fanatik dalam beragama.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Peran Tokoh Agama, Moderasi Beragama, Paham Radikalisme
Subjects: 200 Agama > 297 Islam > 2x9 Sejarah, Islam dan Modernisasi
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Febriana monika -
Date Deposited: 23 May 2023 09:06
Last Modified: 23 May 2023 09:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27466

Actions (login required)

View Item View Item