RECEPTION ANALYSIS TERHADAP PEMINDAHAN IBU KOTA NEGARA PADA VIDEO YOUTUBE PRESIDEN JOKO WIDODO (Studi pada Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di Palembang)

Fitriana, Dessy (2023) RECEPTION ANALYSIS TERHADAP PEMINDAHAN IBU KOTA NEGARA PADA VIDEO YOUTUBE PRESIDEN JOKO WIDODO (Studi pada Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di Palembang). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
DESSY FITRIANA 1910701013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pemindahan ibu kota negara Indonesia ke Kalimantan Timur adalah rencana pemerintah yang telah diumumkan oleh Presiden Joko Widodo melalui video di channel YouTube-nya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerimaan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Perguruan Tinggi di Palembang terhadap pesan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan teori reception analysis. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa makna dominan yang ditawarkan dalam video tersebut, dan informan memiliki penerimaan yang beragam terhadap makna ersebut, yang dikategorikan ke dalam tiga posisi berbeda: posisi dominan, negosiasi, dan oposisi. Faktorfaktor seperti latar belakang pendidikan, pemahaman dan persepsi, serta ideologi membentuk interpretasi audiens terhadap pesan. Selain itu, kredibilitas pengirim pesan dan kejelasan informasi juga mempengaruhi penerimaan audiens. Kata kunci: Audiens, Reception Analysis, Youtube

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 23 May 2023 08:56
Last Modified: 23 May 2023 08:56
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27469

Actions (login required)

View Item View Item