PENGARUH PEMBIAYAAN MIKRO SYARIAH DAN KARAKTERISTIK WIRAUSAHA TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM HALAL PADA BMT INSAN MULIA PALEMBANG

Pratama, Wahyu (2023) PENGARUH PEMBIAYAAN MIKRO SYARIAH DAN KARAKTERISTIK WIRAUSAHA TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM HALAL PADA BMT INSAN MULIA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi Wahyu.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Wahyu.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text
Skripsi Wahyu Upload.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka Wahyu.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia mempunyai peranan yang begitu besar termasuk membantu pertumbuhan ekonomi negara. Beragam penelitian berhasil menunjukkan UMKM sebagai suatu sektor yang bertahan pada beberapa goncangan krisis perekonomian. Akan tetapi sebagai negara yang sebagian besarnya beragama islam tentu melaksanakan usaha sebagai kehalalan yang menjadi hal penting, hanya saja walaupun potensi dari UMKM cukup besar dalam hal ini banyak yang tidak bertahan lama sebab kurangnya sumber modal maupun karakteristik wirausaha yang tergolong kurang baik. Maka dilakukan penelitian guna mengetahui sejauh mana pembiayaan mikro syariah serta karakteristik wirausaha memberikan pengaruh pada perkembangan UMKM halal di BMT Insan Mulia Palembang. Metodologi penelitian yang diterapkan yaitu kuantitatif dengan memakai kuesioner pada pengumpulan data yang berjumlah 34 dalam responden yang bersesuaian pada kriteria, dan dianalisis dengan rumus regresi linier berganda berbantuan SPSS.23.0. mengacu pada perolehan uji-t dijelaskan pembiayaan mikro syariah serta karakteristik wirausaha mempunyai pengaruh yang positif pada perkembangan UMKM halal di BMT Insan Mulia Palembang. Artinya perkembangan UMKM halal di BMT Insan Mulia Palemabang sangat mendapat pengaruh dari pembiayaan mikro syariah maupun karakterist ik wirausaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pembiayaan Mikro Syariah, Karakteristik Wirausaha, UMKM Halal
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 330 Ekonomi > Filsafat dan Teori Ekonomi
Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: WAHYU PRATAMA 1820603146
Date Deposited: 23 May 2023 08:37
Last Modified: 23 May 2023 08:37
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27502

Actions (login required)

View Item View Item