DAMPAK SISTEM BAGI HASIL PADA PETANI KARET DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Kasus Di Desa Air Itam TimurKec. Penukal Kab. Pali )

Saputra, Ade (2022) DAMPAK SISTEM BAGI HASIL PADA PETANI KARET DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Kasus Di Desa Air Itam TimurKec. Penukal Kab. Pali ). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (397kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan memiliki dua persoalan yang akan dikaji, pertama dampak sistem bagi hasil pada petani karet kedua tinjauan ekonomi islam dalam penerapan sistem bagi hasil yang ada pada Desa Air Itam Timur. Skripsi ini sendiri mempunyai tujuan supayadapat mengetahui dampak sistem bagi hasil serta tinjauannya dalam perspektif ekonomi islam pada petani karet. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian yang penelitian lapangan yang memakai pendekatan kualitatif yakni penelitian dengan berpedoman pada realitasnya maupun kenyataannya dalam lapangan menjadi sumber data yang mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dengan pendekatan kualitatif ditujukan supaya bisa menyediakanfakta, informasi, maupun sistem bagi hasil untuk petani karetnya yang ada pada Desa Air Itam Timur. Selanjutnya data itu dijabarkan, dilakukan analisis serta pembahasan guna menjawab masalahnya. Hasil yang ditemukan terkait dampak dari sistem bagi hasil pada petani karet sangat bagus membantu mengurangi angka pengangguran, membantu masyarakat yang ekonominya lemah dan sistem bagi hasil di Desa Air Itam Timur dilakukan atas dasar saling percaya dan kekeluargaan. Tinjauan ekonomi islamnya sendiri pada penerapan sistem bagi hasil di Desa Air Itam Timur dari segi seperti perjanjian, hak dan kewajiban, dilakukan dengan perjanjian secara lisan dan apabila terjadi kecurangan akan diselesaikan secara kekeluargaan dan sesuai kesepakatan di awal. Dan sistem bagi hasilnya pada Desa Air Itam Timur telah sesuai terhadap prinsip dalam ekonomi Islam hanya saja tidak dilakukan perjanjian dengan tertulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi Islam, Petani Karet, Sistem Bagi Hasil
Subjects: 200 Agama > 297 Islam > 2x2 Hadits dan Ilmu Terkait
Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: ADE SAPUTRA
Date Deposited: 23 May 2023 09:07
Last Modified: 23 May 2023 09:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27524

Actions (login required)

View Item View Item