PERAN BANK SAMPAH PRIMA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH ORGANIK (Studi Komunikasi Lingkungan di Kelurahan Serasan Jaya Kecamatan Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin)

PUTRI, DERA CINTYA MONA (2023) PERAN BANK SAMPAH PRIMA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH ORGANIK (Studi Komunikasi Lingkungan di Kelurahan Serasan Jaya Kecamatan Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
DERA CINTYA MONA PUTRI 1910701001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Sampah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik domestik maupun industri. Permasalahan lingkungan akibat sampah sering ditemui pada kelurahan Serasan Jaya kecamatan Sekayu. Kepadatan penduduk di Serasan Jaya yang relatif tinggi mengakibatkan TPA selalu penuh dan terkendala dalam mengumpulkan sampah organik maupun anorganik. Dalam hal ini untuk menanggulangi hal tersebut dibentuk Bank Sampah Prima. Namun, masyarakat kurang berpartisipasi dalam kegiatan Bank Sampah Prima tersebut dikarenakan masih terdapat masyarakat yang belum memahami peran Bank Sampah dalam pengeloaan limbah sampah organik maupun anorganik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Bank Sampah Prima Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Terhadap Pengelolaan Sampah Organik serta hambatan yang ditemui dan cara mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada Bank Sampah Prima Kelurahan Serasan Jaya Kecamatan Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa peran Bank Sampah Prima sangat membantu dalam mengatasi permasalahan sampah, dalam meningkatkan partisipasi masyarakat mempunyai faktor penghambat seperti faktor pengetahuan, sarana dan prasarana, kesadaran masyarakat, dan anggaran. Adapun cara dalam mengatasinya pertama sosialisasi, kedua komunikasi secara langsung, ketiga menggunakan banner, menggunakan sosial media yaitu Instagram dengan username @sutar.said untuk meyebarkan informasi kegiatan Bank Sampah Prima berupa video dan foto. Produk yang dihasilkan dari sampah organik pupuk kompos, pakan maggot dan cairan Eco-Enzym. Kata kunci: Partisipasi masyarakat, Pengelolaan sampah, Bank Sampah Prima

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 23 May 2023 08:56
Last Modified: 23 May 2023 08:56
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27525

Actions (login required)

View Item View Item