KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA KAUM MUDA DALAM MELESTARIKAN TRADISI NINGKUK (Studi di Desa Tanjung Lalang Kecamatan Payaraman Kabupaten Ogan Ilir)

ARYANTI, NISA (2023) KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA KAUM MUDA DALAM MELESTARIKAN TRADISI NINGKUK (Studi di Desa Tanjung Lalang Kecamatan Payaraman Kabupaten Ogan Ilir). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
NISA ARYANTI 1930701070.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Komunikasi Interpersonal memilki peranan penting dalam pelestarian tradisi, karena membantu dalam membangun dan memelihara hubungan antara individu yang memegang teguh kesadaran untuk melestarikan tradisi ningkuk. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui komunikasi interpersonal kaum muda dalam upaya melestarikan tradisi ningkuk dan untuk mengetahui hambatan yang dialami kaum muda dalam upaya melestarikan tradisi ningkuk. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini melibatkan 8 narasumber yang terdiri empat orang tua dan empat anak muda. Teori dalam penelitian ini menggunakan teori interaksi simbolik. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah wawancara langsung dengan informan serta obeservasi dan dokumentasi dilapangan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal kaum muda dalam upaya melestarikan tradisi ningkuk efektif dalam meningkatkan partisipasi bujang gadis (kaum muda) dalam melestarikan tradisi ningkuk, selain itu faktor-faktor seperti motivasi, nasihat dan kesadaran tentang pentingnya tradisi juga memainkan peran dalam mempengaruhi agar bujang gadis (kaum muda) tertarik mengikuti kegiatan tradisi ningkuk. Bentuk upaya pemuda dalam melestarikan tradisi yaitu mengajak bujang dan gadis untuk terlibat dalam kegiatan yang berhubungan dengan tradisi ningkuk, seperti saat persiapan sebelum dimulainya tradisi ningkuk yaitu saat membuat balon hukuman. Hambatan dalam melestarikan tradisi ningkuk yaitu perkembangan zaman yang semakin canggih mempengaruhi perilaku (perubahan gaya hidup) kaum muda dan membuat pergeseran budaya, dan kurangnya minat serta motivasi untuk ikut terlibat dalam pelestarian tradisi ningkuk. Kata Kunci : Permainan, Tradisional, Ningkuk.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 23 May 2023 08:56
Last Modified: 23 May 2023 08:56
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27526

Actions (login required)

View Item View Item