ANALISIS PESAN PENGEMBANGAN DIRI DALAM KONTEN PODCAST RINTIK SEDU EPISODE “INSECURE ADALAH HAK SEMUA MANUSIA” PADA APLIKASI SPOTIFY (Analisis Wacana Teun A Van Djik)

DEWI, ISNAINI SUTRA (2023) ANALISIS PESAN PENGEMBANGAN DIRI DALAM KONTEN PODCAST RINTIK SEDU EPISODE “INSECURE ADALAH HAK SEMUA MANUSIA” PADA APLIKASI SPOTIFY (Analisis Wacana Teun A Van Djik). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
ISNAINI SUTRA DEWI 1910701003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Seiring kemajuan teknologi, terciptalah konten audio dalam format podcast yang hadir sebagai wadah untuk berdiskusi tentang fenomena yang terjadi dalam kehidupan. Podcast Rintik Sedu merupakan podcast dengan pendengar terbanyak di platform Spotify. Podcast Rintik Sedu sering membahas permasalahan yang kerap kali dialami oleh remaja, entah itu soal cinta atau kehidupan sehari-hari. Nadhifa Allya Tsana dalam podcastnya, Rintik Sedu, sering memberikan kutipan-kutipan konstruktif dan positif yang sangat dibutuhkan remaja, karena pada fase ini remaja sedang mengalami perkembangan fisiologis dan psikologis yang akan menimbulkan kecemasan. Dampak dari kecemasan ini adalah hilangnya motivasi dan kepercayaan diri. Oleh karena itu, remaja membutuhkan pengembangan diri untuk dirinya sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pesan pengembangan diri dalam podcast Rintik Sedu secara keseluruhan dilihat dari dimensi teks, kognisi sosial dan konteks sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian analisis wacana Teun A. Van Djik. Teknik pengumpulan data berfokus pada observasi media audio podcast Rintik Sedu yaitu pada episode yang berjudul “Insecure adalah Hak Semua Manusia”, dokumentasi dan wawancara sebanyak 5 orang pendengar podcast Rintik Sedu selaku narasumber dengan kriteria yang telah ditentukan. Teknik analisis data disesuaikan dengan analisis wacana Teun A. Van Djik yang memiliki tiga dimensi/bangunan yaitu: teks, kognisi sosial, dan konteks sosial. Hasil penelitian ini, ditemukan bahwa berdasarkan analisis wacana dimensi teks, pesan pengembangan diri yang Tsana sampaikan yaitu mengenai perasaan insecure yang merupakan hal yang wajar dirasakan oleh semua manusia. Selain itu Tsana juga menyampaikan untuk menerima diri sendiri. Jika melihat dari dimensi kognisi sosial, pemilik akun podcast Rintik Sedu yaitu Nadhifa Allya Tsana, membagikan pengalaman dan pengetahuannya mengenai perasaan insecure yang didalamnya terkandung pesan pengembangan diri dalam podcastnya. Pendengar menggangap Tsana sebagai seseorang yang dapat memahami dan mengerti perasaan pendengarnya. Pada analisis konteks sosial, ditemukan bahwa beberapa pendengar memutuskan untuk mendengarkan episode podcast ini karena membutuhkan pengembangan diri untuk mendapatkan perasaan secure dari perasaan insecure yang dirasakan. Perasaan insecurity kerap terjadi akibat pengaruh dari media sosial yang sering menyebabkan seserang xv membandingkan dirinya dengan orang lain. Cara mengatasi masalah insecurity adalah dengan menerima perasaan tersebut, kita harus bisa berdamai dengan perasaan tersebut, dan selalu berpikir positif tentang diri kita sendiri. Kata kunci: Pengembangan Diri, Podcast.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 23 May 2023 08:56
Last Modified: 23 May 2023 08:56
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27530

Actions (login required)

View Item View Item