Analisis Terhadap Penggunaan Akad Istishna Pada Bisnis Jual Beli Rumah Panggung Bongkar Pasang Atau Knockdown Di Desa Tanjung Batu Seberang Ogan Ilir

Rajib Hasa, Jumitra (2023) Analisis Terhadap Penggunaan Akad Istishna Pada Bisnis Jual Beli Rumah Panggung Bongkar Pasang Atau Knockdown Di Desa Tanjung Batu Seberang Ogan Ilir. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
FULL_BAB RAJIB HASA JUMITRA S.H (NEW REVISI) (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu bagian dari fikih muamalah adalah akad istishna. Akad istishna adalah pesanan untuk dibuatkan sesuatu menurut prosedur tertentu dan bahan untuk membuat sesuatu itu berasal dari orang yang menerima pesanan. Transaksi pesanan juga digunakan pada Bisnis jual beli rumah panggung bongkar pasang (knockdown) di Desa Tanjung Batu Seberang dan biasanya ada uang muka, transaksi dilakukan atas dasar saling percaya dan kebanyakan tidak memakai bukti pembayaran disamping itu juga terdapat perjanjian tertulis dan jika terjadi pembatalan sepihak maka uang muka dianggap hangus. Permasalah dalam penelitian ini adalah pada sektor pembiayaan serta penerapan jalannya transaksi akad dan yang menjadi fokus untuk penelitian ini tentang praktik dari akad istishna. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1. bagaimana mekanisme praktik jual beli rumah panggung bongkar pasang (Knockdown) di Desa Tanjung Batu Seberang serta 2. kesesuaiannya dengan Tinjauan Hukum Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Reserch). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemilik usaha dari Rumah Panggung Bongkar Pasang (Knockdown) yang ada di Desa Tanjung Batu Seberang yang berjumlah 10 (sepuluh). Teknik pengumpulan data adalah dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian praktik jual beli pada bisnis Rumah Panggung Bongkar Pasang (Knockdown) di Desa Tanjung Batu Seberang Kabupaten Ogan Ilir sepenuhnya sudah sesuai dimana pembeli (mustashni) memesan barang kepada penjual (shani) dengan bahan baku ditanggung oleh penjual. Dalam sistem pembayaran pembeli membayarkan uang muka sebagai tanda jadi dan akan dilunasi di akhir seusai barang yang di pesan selesai di buat oleh penjual. Pelaksanaan akad jual beli istishna di Desa Tanjung Batu Seberang sudah sesuai dengan Tinjauan Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Istishna, Jual beli, Knockdown, Desa Tanjung Batu
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 340 Hukum > Hukum perdata (hukum privat)
Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: RAJIB HASA JUMITRA 1820104141
Date Deposited: 24 May 2023 01:26
Last Modified: 24 May 2023 01:28
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27533

Actions (login required)

View Item View Item