PELAKSANAAN KURIKULUM K-13 PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SLB-A PANTI REHABILITAS PENYANDANG CACAT NETRA (PRPCN) PALEMBANG

Saprullah, Saprullah (2023) PELAKSANAAN KURIKULUM K-13 PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SLB-A PANTI REHABILITAS PENYANDANG CACAT NETRA (PRPCN) PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img] Text
Skripsi saprullah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan anak berkebutuhan khusus adalah pendidikan yang khusus disesuaikan dengan kebutuhan anak berdasarkan kondisi fisik, intelektual, emosional, dan sosialnya. Salah satu lembaga yang menyediakan pendidikan anak berkebutuhan khusus adalah Sekolah Luar Biasa bagian A PRPCN Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum k-13 pendidikan anak berkebutuhan khusus di SLB-A PRPCN Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Responden penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru dan statt tata usaha. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kurikulum K-13 pendidikan anak berkebutuhan khusus di SLB-A PRPCN Palembang relatif baik, namun masih terdapat beberapa tantangan yang perlu diatasi, seperti kurangnya jumlah guru yang berkualitas dan kurangnya fasilitas pendukung pembelajaran yang memadai. Pelaksanaan kurikulum pendidikan anak berkebutuhan khusus meliputi pengorganisasian, pengarahan, motivasi, dan koordinasi, yang diperlukan untuk meningkatkan mutu pendidikan anak berkebutuhan khusus di SLB-A PRPCN Palembang. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kurikulum K-13 pendidikan anak berkebutuhan khusus di SLB-A PRPCN Palembang. Faktor pendukung antara lain adalah kualifikasi guru yang sesuai dengan bidangnya dan beragam latar belakang pendidikan, media pembelajaran yang sesuai, dan kerjasama dengan sekolah lain. Faktor penghambat antara lain adalah kurangnya kualifikasi guru yang memadai dan media pembelajaran yang kurang lengkap. Dalam kesimpulannya, penelitian ini menekankan pentingnya upaya berkelanjutan untuk mengatasi tantangan dalam implementasi kurikulum K-13 untuk pendidikan anak berkebutuhan khusus, seperti meningkatkan kualifikasi guru dan fasilitas pembelajaran, serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum. Diharapkan upaya tersebut dapat meningkatkan mutu pendidikan anak berkebutuhan khusus di SLB-A PRPCN Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Kurikulum K-13 Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Kurikulum
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: SAPRULLAH 1930203060
Date Deposited: 24 May 2023 01:29
Last Modified: 24 May 2023 01:31
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27541

Actions (login required)

View Item View Item