PENERAPAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK BIBLIOTERAPI DALAM MENANAMKAN KARAKTER ISLAMI TERHADAP ANAK DIDIK PELAKU PELECEHAN SEKSUAL (Studi Kasus Pada Klien “A” di LPKA Kelas I Palembang)

Wahyudi, Diki (2023) PENERAPAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK BIBLIOTERAPI DALAM MENANAMKAN KARAKTER ISLAMI TERHADAP ANAK DIDIK PELAKU PELECEHAN SEKSUAL (Studi Kasus Pada Klien “A” di LPKA Kelas I Palembang). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi DIKI.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK(1).pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI BAB 1 Diki.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI BAB ll DIKI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI BAB lll DIKI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI BAB IV DIKI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (891kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI BAB V DIKI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DIKI(1).pdf

Download (371kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul ‘‘PENERAPAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK BIBLIOTERAPI DALAM MENANAMKAN KARAKTER ISLAMI TERHADAP ANAK DIDIK PELAKU PELECEHAN SEKSUAL (Studi Kasus pada Klien “A” Di LPKA Kelas I Palembang)”.Konseling individu merupakan layanan konseling yang diselenggarakan oleh konselor terhadap konseli untuk mengentaskan suatu masalah yang dihadapi konseli.Biblioterapi dikenal sebagai sebuah teknik dalam layanan bimbingan dan konseling. Biblioterapi adalah kegiatan dengan media bahan bacaan yang bertujuan untuk mengurangi atau meyelesaikan masalah yang dihadapi seseorang. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan, yaitu: bagaimana karakter islami anak didik pelaku pelecehan seksual dan bagaimana penerapan teknik biblioterapi dalam menanamkan karakter islami terhadap anak didik pelaku pelecehan seksual, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan teknik biblioterapi dalam menanamkan karakter islami terhadap anak didik pelaku pelecehan seksual (Studi kasus pada klien “A” di LPKA kelas 1 Palembang). Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu dilakukan dengan wawancara langsung kepada klien “A”, teman klien serta pembina LPKA dan data sekunder berupa buku dan jurnal.Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan metode perjodohan pola.pembuatan eksplanasi, dan analisis deret waktu. Mengenai aspek spiritual keagamaan, klien “A” melakukan pendekatan diri kepada Tuhan dengan cara menerapkan sholat 5 (lima) waktu dan mengaji. Hal ini sejalan dengan nilai spiritual keagamaan yang mengatakan bahwa hakikat spiritualitas ialah pandangan pribadi dan prilaku yang mengekspresikan rasa keterkaitan, tujuan hidup makna hidup dan kesadaran akan arti dan tujuan hidup. Penerapan teknik biblioterapi pada klien “A” dilakukan dengan 4 (empat) langkah, untuk hasil setelah dilakukannya teknik biblioterapi sudah terdapat perubahan yang mana klien jauh lebih baik dan bisa mengambil hal-hal yang baik atas apa yang sudah disampaikan kepadanya. Adapun faktor pendukung mengenai penerapan teknik biblioterapi, diantaranya yaitu: kejasama antara peneliti dan klien “A”, Izin penelitian di terima dengan baik oleh pihak LPKA, dan waktu penelitian yang pleksibel. Sedangkan faktor penghambatnya, yaitu: fasilitas yang kurang memadai dan kurangnya keterbukaan klien.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Teknik Biblioterapi, Karakter Islami, Pelecehan Seksual.
Subjects: 200 Agama > 297 Islam > 2x6 Sosial dan Budaya Islam
100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (Umum)
Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Diki Wahyudi -
Date Deposited: 25 May 2023 01:48
Last Modified: 25 May 2023 01:48
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27547

Actions (login required)

View Item View Item