PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DEKAK-DEKAK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II DI MI ISLAMIYAH AL-ARQAM PALEMBANG

Nurhaliza, Ellin (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DEKAK-DEKAK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II DI MI ISLAMIYAH AL-ARQAM PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I Repository.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Repository.pdf

Download (38kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dari banyaknya peserta didik yang merasa bahwa matematika sebagai mata pelajaran yang sulit, tidak menyenangkan, bahkan momok yang menakutkan sehingga diperlukan media pembelajaran yang menyenangkan agar peserta didik tidak merasa bosan dalam belajar matematika, salah satunya yaitu media dekak-dekak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) penggunaan media dekak-dekak (2) hasil belajar peserta didik (3) pengaruh penggunaan media dekak-dekak terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantiatif dengan pendekatan metode eksperimen dengan bentuk postest only control design yang digunakan untuk mengetahui pengaruh dari suatu perlakuan terhadap subjek sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas II A yang berjumlah 25 peserta didik dan II B yang berjumlah 29 peserta didik. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen soal berbentuk pilihan ganda sebanyak 18 soal yang dilakukan pada waktu pretest sebelum proses pembelajaran dilaksanakan dan postest setelah proses pembelajaran dilaksanakan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol postest 75,4 dan nilai rata-rata kelas eksperimen postest 79,8 Dari hasil hipotesis yang diperoleh nilai signifikansi yaitu <0,001 dengan taraf signifikan 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media dekak-dekak dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika materi satuan panjang yang terlihat dari peningkatan nilai rata-rata postest kelas kontrol dan kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Media Dekak-Dekak, Hasil Belajar Peserta didik
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ELLIN NURHALIZA 1930201085
Date Deposited: 24 May 2023 01:29
Last Modified: 24 May 2023 01:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27566

Actions (login required)

View Item View Item