KEHARMONISAN PASANGAN SUAMI-ISTRI DALAM RESILIENSI KELUARGA TERHADAP ANAK PENYANDANG AUTIS DI BINA AUTIS MANDIRI PALEMBANG.

MAHARANI, ANNISYAH (2023) KEHARMONISAN PASANGAN SUAMI-ISTRI DALAM RESILIENSI KELUARGA TERHADAP ANAK PENYANDANG AUTIS DI BINA AUTIS MANDIRI PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER, ABSTRAK, DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI ANNISYAH MAHARANI.pdf

Download (528kB) | Preview
[img] Text
BAB I SKRIPSI ANNISYAH MAHARANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II SKRIPSI ANNISYAH MAHARANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III SKRIPSI ANNISYAH MAHARANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV SKRIPSI ANNISYAH MAHARANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V SKRIPSI ANNISYAH MAHARANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy

Abstract

Keharmonisan keluarga lebih ditentukan dengan hadirnya kebutuhan untuk menciptakan hubungan yang kuat antara pasangan suami-istri. Menjaga komitmen maka pasangan akan selalu bersama dalam menghadapi banyak permasalahan dalam keluarga. Memiliki anak autis merupakan tantangan tersendiri bagi pasangan suami-istri dalam sebuah keluarga. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana Problematika dan Tinjauan Hukum Islam terhadap Keharmonisan pasangan suami-istri dalam resiliensi keluarga anak penyandang autis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research. Jenis data penelitian kualitatif. Sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data-data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian memperlihatkan, bahwa problematika dan tinjauan hukum Islam terhadap keharmonisan pasangan suami-istri dalam resiliensi keluarga anak penyandang autis yaitu orang tua yang kurang ahli dalam mengatasi perilaku anak autis, kondisi kehidupan yang panjang terhadap perkembangan anak di masa depan, kurang dukungan pengetahuan dan sosial, serta permasalahan finansial untuk memenuhi semua kebutuhan anak autis yang jumlahnya tidak sedikit. Dari semua cobaan yang diberikan kepada pasangan suami-istri dalam kondisi anak yang autis, mereka dapat menerimanya dengan sabar, rasa syukur, ikhtiar, tawakal, dan beristiqomah serta penuh keikhlasan hati dengan kehadiran anak autis, maka tidak akan menjadi sebuah permasalahan yang besar dalam hubungan keluarga. Karena dalam bentuk ketahanan para anggota keluarga yang saling mendukung, memberikan kasih sayang, memiliki sikap loyalitas, berkomunikasi terus-menerus, saling menghargai, dan menikmati kebersamaan dalam hubungan. Maka keluarga dapat di katakan sebagai keluarga yang harmonis, walaupun dalam keluarga memiliki anak autis.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Bibliografi
Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: ANNISYAH MAHARANI 1920101071
Date Deposited: 20 Jul 2023 01:56
Last Modified: 20 Jul 2023 01:56
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27579

Actions (login required)

View Item View Item