Penerapan Konsep Kerukunan Antar Umat Beragama Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 52 Palembang

Fajriansyah, Fajriansyah (2023) Penerapan Konsep Kerukunan Antar Umat Beragama Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 52 Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
1_HALAMAN JUDUL.pdf

Download (505kB) | Preview
[img] Text
2_BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text
3_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text
4_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text
5_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
7_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan konsep kerukunan antar umat beragama dalam menumbuhkan sikap toleransi di sekolah tersebut dan juga mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan sikap toleransi di SMP Negeri 52 Palembang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, yang kemudian setelah memperoleh data yang diperlukan, peneliti melakukan analisis data untuk mendapatkan hasil penelitian yang dilakukan yang melalui tahap reduksi data, penyajian data dan terakhir mengambil kesimpulan dan verifikasi, sehingga data yang diperoleh pada penelitian ini menjadi data yang valid karena didukung oleh sumber yang relevan. Berdasarkan data hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti menemukan bahwa sikap toleransi di SMP Negeri 52 Palembang secara berangsur-angsur berjalan baik dengan membiasakan siswa untuk senantiasa menciptakan kerukunan antar umat beragama. Selain itu peneliti juga menemukan bahwa faktor yang mendukung dalam menumbuhkan sikap toleransi itu seperti program sekolah, pembelajaran yang dilakukan, lingkungan juga berpengaruh, berpengaruh disini bisa mendukung dan juga menghambat, selain itu faktor yang menghambat yang ditemukan peneliti ialah kurangnya ilmu agama yang dimiliki siswa, akan tetapi kendala yang menghambat tersebut sudah dicarikan solusinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kerukunan Umat Beragama, Toleransi
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Aspek sosial dari pendidikan
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: FAJRIANSYAH 1910202036
Date Deposited: 24 May 2023 08:50
Last Modified: 24 May 2023 08:50
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27602

Actions (login required)

View Item View Item