Efektivitas Dakwah Bil-Hal Dalam Pembentukan Akhlak Remaja di Kelurahan Senalang Kecamatan Lubuklinggau Utara II

Akbar, Muhammad Jalaludin (2022) Efektivitas Dakwah Bil-Hal Dalam Pembentukan Akhlak Remaja di Kelurahan Senalang Kecamatan Lubuklinggau Utara II. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text
Bab 1-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Efektivitas Dakwah Bil-Hal Dalam Pembentukkan Akhlak Remaja di Kelurahan Senalang Kecamatan Lubuklinggau Utara II. Upaya mengatasi permasalahan tentang akhlak remaja yang kurang optimal. Adapun indikator-indikator mengenai efektivitas dakwah bil-hal dalam pembentukkan akhlak remaja adalah memberikan contoh sikap kelakuan yang baikkepada para remaja, penerapan perilaku yang baik dan hidup Islam, metode dakwahnya dengan baik, materi yang disampaikan mudah untuk dipahami oleh remaja, kegiatan yang diadakan di masjid, dan penerapan akhlak remaja dikehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari penerapan dakwah bil-hal dalam pembentukkan akhlak remaja di kelurahan Senalang kecamatan Lubuklinggau Utara II dan mengetahui apa kendala yang dihadapi dalam penerapan dakwah bil-hal dalam pembentukkan akhlak remaja di kelurahan Senalang kecamatan Lubuklinggau Utara II. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan model persamaan regresi linier sederhana, sampel pada penelitian adalah 36 orang. Uji validitas dan reliabilitas dengan teknik pengumpulan data kuesioner (angket), observasi, dan dokumentasi. Variabel penelitian ini terdiri dari, Dakwah bil-Hal (X) dan Pembentukkan Akhlak Remaja (Y). Pengolahan data dibantu program SPSS for Windows Versi 25. Hasil uji t pada variabel Dakwah Bil-Hal menunjukkan bahwa thitung sebesar (3.228) > ttabel sebesar (1.69092) dengan nilai signifikansi sebesar (0,003) < ɑ (0,05) maka dapat disimpullkan bahwa dakwah bil-hal mempunyai efek dalam pembentukkan akhlak remaja di kelurahan Senalang kecamatan Lubuklinggau Utara II.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Efektivitas, Dakwah Bil-Hal, Pembentukkan Akhlak Remaja
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 360 Masalah dan layanan sosial > Masalah-masalah sosial dan kesejahteraan sosial
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Sekolah dan agama
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 390 Norma, etika dan tradisi > Etiket (sopan santun)
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
400 Bahasa > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah
Depositing User: MUHAMMAD JALALUDIN AKBAR 1810504013
Date Deposited: 26 May 2023 01:29
Last Modified: 26 May 2023 01:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27641

Actions (login required)

View Item View Item