PERAN SANTRI DALAM PENERAPAN LITERASI MODERASI BERAGAMA DI PONDOK PESANTREN NURUL HUDA SUKAWINATAN KOTA PALEMBANG

Handayani, Siska (2023) PERAN SANTRI DALAM PENERAPAN LITERASI MODERASI BERAGAMA DI PONDOK PESANTREN NURUL HUDA SUKAWINATAN KOTA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img] Text
COVER.docx

Download (64kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peran santri dalam penerapan literasi moderasi beragama di Pondok Pesantren Nurul Huda Sukawinatan Kota Palembang dan bagaimana langkah-langkah pesantren dalam penerpan literasi moderasi beragama serta faktor penghambat apa yang membuat sebagaian santri belum memahami dan menyadari bahwa moderasi beragama. Metode penelitian lapangan (field study) digunakan dalam proses pengumpulan data, bersifat kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data ini dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh hasil penelitian yaitu; (1) peran santri di pondok pesantren Nurul Huda Sukkawinatan terhadap literasi moderasi beragama adalah tafaquh fiddin yakni menjalankan tugas serta kewajibannya sebagai santri baik di pembelajaran KBM atau diluar pembelajaran KBM; tazkiyatun nafs yakni mencerminkan nilai-nilai moderasi beragama dan menjadikan apa-apa yang melekat pada diri santri sebagai teladan; da‟wah atau mengajak dalam penerapan literasi moderasi beragama yang diwujudkan pada literasi budaya; (2) Langkah- langkah penerapan literasi moderasi beragama di pondok pesantren telah mencapai kata sempurna dengan rancangan visi misi, motto, tujuan, merancang program pelatihan atau peningkatan pelayanan masyarakat melalui STKD penguatan karakter, dan gerakan literasi budaya; (3) Faktor-faktor penghambat bagi santri dalam memahami moderasi beragama yaitu; kurangnya sosialisasi mengenai istilah moderasi beragama, pesantren yang lebih fokus pada penerapan nilai moderasi beragama, dan tingkat pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Peran Santri, Literasi Moderasi Beragama
Subjects: 200 Agama > 297 Islam > 2x6 Sosial dan Budaya Islam
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: SISKA HANDAYANI 1910202030
Date Deposited: 25 May 2023 04:40
Last Modified: 25 May 2023 04:40
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27655

Actions (login required)

View Item View Item