Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Transaksi Jual Beli pada Pedagang Pasar Tradisional di Kecamatan Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin

Azizah, Eri Nur (2023) Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Transaksi Jual Beli pada Pedagang Pasar Tradisional di Kecamatan Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI REPOSITORY.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK REPOSITORY.pdf

Download (57kB) | Preview
[img] Text
BAB I REPOSITORY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II REPOSITORY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III REPOSITORY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV REPOSITORY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V REPOSITORY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA REPOSITORY.pdf

Download (136kB) | Preview

Abstract

Etika bisnis Islam merupakan seperangkat nilai tentang baik dan buruk, benar dan salah dalam menjalankan suatu bisnis berdasarkan pada prinsip-prinsip Al-Qur’an dan Hadist serta yang telah dicontohkan oleh nabi Muhammad SAW. Penelitian ini berjudul penerapan etika bisnis Islam dalam transaksi jual beli pada pedagang pasar tradisional. Objek penelitian ini bertempat di pasar tradisional Makarti Jaya kabupaten Banyuasin. Tujuan penelitian ini untuk dapat mengetahui bagaimana penerapan etika bisnis Islam dalam transaksi jual beli pada pedagang pasar tradisional di kecamatan Makarti Jaya dan untuk mengatahui apa yang menjadi faktor pendukung serta penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan observasi langsung ke lapangan. Jenis data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu data primer dan data sekunder. Di dalam penelitian ini teknik data yang digunakan antara lain observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun yang menjadi responden dalam penelitian ini yaitu, kepala pasar, pedagang ikan, pedagang sayur, pedagang buah, dan pembeli yang ada di pasar Makarti Jaya. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pedagang di pasar Makarti Jaya belum sepenuhnya menerapkan prinsip etika bisnis Islam terutama dari segi prinsip keadilan dan tanggungjawab dalam memberikan kualitas barang, pedagang masih ada yang mencampurkan barang yang berkualitas baik dan yang berkualitas tidak baik untuk dijual, selain itu kurangnya keramahan pedagang kepada pembeli, serta masih ada pedagang yang melakukan pemaksaan kepada pembeli untuk membeli barang dagangannya. Namun, ada juga pedagang yang sudah menerapkan prinsip etika bisnis Islam, seperti prinsip ketauhidan, yang mana pedagang tetap menjalankan ibadah shalat dalam berjualan meskipun belum bisa tepat waktu, serta bersaing secara sehat antar sesama pedagang tanpa menjelekkan satu sama lain dan memberikan tenggang waktu pembayaran kepada pembali. Faktor pendukungnya yaitu rasa kekeluargaan yang selalu dikedepankan oleh pedagang. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu standar moral, agama, dan pendidikan pedagang yang masih cukup rendah, kenaikan harga BBM, serta belum adanya oraganisasi profesi bisnis dan manajemen untuk menegakkan kode etik bisnis dan manajemen di pasar Makarti Jaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Penerapan, Etika Bisnis, Transaksi Jual Beli
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah
Depositing User: Eri Nur Azizah
Date Deposited: 26 May 2023 07:38
Last Modified: 26 May 2023 07:38
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27704

Actions (login required)

View Item View Item