Pemanfaatan Perpustakaan sebagai Pusat Sumber elajar di SMP Negeri 55 Palembang

Oktariani, Helda (2023) Pemanfaatan Perpustakaan sebagai Pusat Sumber elajar di SMP Negeri 55 Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
cover-1.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak-1.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka-1.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text
Bab 1helda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text
bab 2 helda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (903kB) | Request a copy
[img] Text
bab 3 helda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text
bab 4 helda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab v helda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Pusat Sumber Belajar di SMP Negeri 55 Palembang. Pemanfaatan perpustakaan yang dilakukan untuk mengetahui pemanfataan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan jenis lapangan field research. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, kepala perpustakaan, guru, dan siswa. Informan kunci dalam penelitian ini adalah kepala perpustakaan, sedangkan informan pendukung dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, siswa, dokumen-dokumen dan arsip yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar di SMP Negeri 55 Palembang dapat dikatakan belum berjalan dengan baik. Hal ini bisa dilihat dari: kelengkapan sumber belajar yang masih belum memadai, seperti sudah tersedianya buku-buku penunjang pembelajaran serta buku-buku fiksi dan non-fiksi tetapi jumlah rasio buku tersebut masih sangat minim dikarenakan untuk pembelian buku hanya mengandalakan dana BOS, minat baca siswa yang masih sangat minim dikarenakan belum adanya kesadaran para siswa dalam memanfaatan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar serta bahan koleksi yang ada diperpustakaan yang masih kurang lengkap dan kurang menarik sehingga siswa jarang berkunjung ke perpustakaan, sarana dan prasarana masih belum lengkap seperti belum adanya ac sebagai penyejuk ruangan, tempat membaca buku yang nyaman, masih minimnya media elektronik seperti audiovisual, tv, dan komputer. Adapun faktor pendukung dan faktor penghambat dari pemanfaatan perpustakaan sebagai pusat sumber bealajar di SMP Negeri 55 Palembang yaitu: 1) faktor pendukung: adanya tenaga pustakawan yang memadai dalam melakukan pengelolaan pemanfaatan perpustakaan dan sarana dan prasarana di perpustakaan SMP Negeri 55 Palembang pun sudah memadai. 2) faktor penghambat: jenis koleksi yang masih minim, minat baca siswa yang masih sangat kurang, dan pembiayaan atau sumber dana di perpustakaan SMP Negeri 55 Palembang ini hanya mengandalkan dana BOS sehingga untuk pembelian buku masih sangat terbatas. Kata Kunci : Pemanfaatan, Perpustakaan, Pusat Sumber Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pemanfaatan, Perpustakaan, Pusat Sumber Belajar
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Kearsipan > Pelayanan dan pengolahan perpustakaan, arsip dan pusat informasi
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: HELDA OKTARIANI 1930203086
Date Deposited: 26 May 2023 07:10
Last Modified: 26 May 2023 07:10
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27705

Actions (login required)

View Item View Item