PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MICRO PROJECTION TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 13 PALEMBANG

Fahmi, Muhammad (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MICRO PROJECTION TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 13 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (861kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (991kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (547kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan media ini dalam pelajaran dan pengaruh penggunaan media micro projection terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 13 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII1 dan VIII3 berjumlah seluruhnya 50 peserta didik, sumber data melalui data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi, dan teknik analisadata melalui uji t, hipotesis, dan penarikan kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa 1) kelas eksperimen yang setelah menggunakan media micro projection, hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan secara signifikan, yang dapat dilihat melalui hasil nilai kelas eksperimen yaitu nilai yang tergolong 8 peserta didik 32%, sedang 14 peserta didik 56%, rendah 3 peserta didik 12%. 2) Kelas kontrol yang tidak menggunakan media micro projection pada kelas kontrol didaptkan nilai hasil belajar peserta didik banyak yang masih belum mencapai KKM dan nilai kelas kontrol bisa dilihat dengan hasil persentase skor peserta didik yang mendapat nilai tinggi 5 peserta didik 20%, sedang 14 peserta didik 56%, rendah 6 peserta didik 24%. 3) antara hasil tes kelas yang tidak menggunakan media micro projection dengan kelas yang menggunakan media micro projection berpengaruh secara signifikan, hal ini bisa dilihat melalui t0 2,01 < 3,64 > 2,68 pada taraf signifikansi 5% ini berarti bahwa penggunaan media micro projection berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 13 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Studi dan pengajaran pendidikan
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Hal-hal umum tentang pendidikan > Metode mengajar dan belajar > Alat peraga dalam pengajaran termasuk penggunaan komputer
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muhammad Fahmi -
Date Deposited: 31 May 2023 03:15
Last Modified: 31 May 2023 03:15
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27741

Actions (login required)

View Item View Item