Hak Hak Istri Dalam Poligami Siri Menurut Persfektif Hukum Islam (Studi Kasus didesa Seritanjung Kec. Tanjung Lubuk Kab. OKI)

Yusida Fitriyati, Yusida and rusmala, Dewi (2023) Hak Hak Istri Dalam Poligami Siri Menurut Persfektif Hukum Islam (Studi Kasus didesa Seritanjung Kec. Tanjung Lubuk Kab. OKI). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img] Text
skripsii imahhh benar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

​Skripsi ini dilatarbelakangi karena maraknya praktik poligami siri yang ada di Desa Seri Tanjung Kecamatan Tanjung Lubuk, padahal secara hukum telah diatur bahwa syarat berpoligami harus ada izin dari istri serta mencatatkan pernikahannya di Pengadilan. Selain itu, meski dalam agama Islam poligami mereka tetap dianggap sah namun keadilan dalam memberikan hak-hak istri di Desa Seri Tanjung masih jauh dari yang diharapkan oleh agama. Oleh sebab itu penulis mengagkat penelitian yang berjudul “Hak-Hak Istri Dalam Poligami Siri Menurut Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Seri Tanjung Kec. Tanjung Lubuk Kab. Ogan Komering Ilir).” ​Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian field research ( lapangan). Sumber data yang digunakan terdiri dari dua bagian, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh dari hasil wawancara kepada subjek penelitian. Data sekunder adalah data yang diambil dari perpustakaan maupun dari media online yang berhubungan dengan pernikahan, poligami siri. ​Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dala memenuhi hak-hak istrinya, suami di desa Seri Tanjung lebih mementingkan urusan istri keduanya walaupun istri ini statusnya hanya sah secara agama saja. Selain itu, meskipun terdapat perbedaan antara para ulama mengenai konsep keadilan secara lahiriah dan bainiah dalam poligami, namun secara finansial dan perhatian suami tetap wajib berlaku secara adil, tetapi keadilan ini tidak terealisasikan di desa Seri Tanjung meskipun ada sebagian kecil pengakuan suami yang merasa mampu secara materi, namun tetap saja dalam masalah perhatian dan lainnya masih tetap menunjukkan kecenderungan pada istri muda saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 340 Hukum > Sistem-sistem hukum > Hukum islam
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 390 Norma, etika dan tradisi > Kebiasaan yang berhubungan dengan jalan kehidupan dan kehidupan > Perkawinan
Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: HALIMAH 1820101050
Date Deposited: 31 May 2023 03:30
Last Modified: 31 May 2023 03:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27753

Actions (login required)

View Item View Item