STRATEGI FUNDRAISING PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI (PALEMBANG MAKMUR) PADA BADAN AMIL ZAKAT (BAZNAS) KOTA PALEMBANG

Marita, Yusnita and Muftifiandi,, M.Ag and Muhammadinah,, SE,. MSi STRATEGI FUNDRAISING PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI (PALEMBANG MAKMUR) PADA BADAN AMIL ZAKAT (BAZNAS) KOTA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
bab 1-bab 5 marita.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 29 December 2024.

Download (1MB)

Abstract

Tantangan yang dihadapi serta hambatan dan cara mengelola fundraising pada BAZNAS Kota Palembang yaitu rendahnya pemahaman masyarakat tentang berkewajiban zakat, SDM yang kurang memadai belum ada sanksi yang tegas bagi orang yang tidak mengeluarkan zakat dan pemahaman masyarakat terhadap BAZNAS Kota Palembang belum sepenuhnya mengetahui. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan strategi fundraising apa yang dilakukan oleh Baznas Kota Palembang pada program pemberdayaan ekonomi (Palembang makmur). Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Hasil penelitian menyatakan bahwa strategi fundraising program pemberdayaan ekonomi di Badan Amil Zakat Nasional Kota Palembang sudah tercantukm semua di visi dan misi Baznas Kota Palembang, dengan harapan dapat meningkatkan visi dan misi selanjutnya. Pelaksanaan strategi dengan cara penetapan sasaran calon donatur dan bekerjasama pada program pemberdayaan ekonomi, dengan motivasi agar masyarakat sadar akan menyalurkan ZISnya ke BAZNAS Kota Palembang dengan mengedukasi serta terus berupaya dan semangat untuk melakukan sosialisasi dan edukasi zakat kepada umat. Alokasi SDM pada fundraising yakni menempatkan orang di bidang IT serta team marketing yang paham akan zakat serta peraturan perundangan. Evaluasi fundraising program pemberdayaan ekonomi di Badan Amil Zakat Nasional Kota Palembang adalah melakukan sosialisasi ke organisasi perangkat daerah (OPD) dan kemasjid, serta membuat tim media untuk share kegiatan BAZNAS serta membangun kepercayaan dimasyarakat. Faktor penghambat terjadi langsung dan tidak langsung. Strategi yang digunakan Badan Amil Zakat Nasional Kota Palembang adalah startegi secara langsung atau offline dan secara online dilakukan dengan memanfaatkan jaringan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: MARITA YUSNITA 1730604041
Date Deposited: 06 Jun 2023 08:05
Last Modified: 06 Jun 2023 08:05
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27758

Actions (login required)

View Item View Item