PEMBERITAAN KEMBALINYA HAGIA SOPHIA SEBAGAI MASJID DALAM MEDIA ONLINE INDONESIA (ANALISIS FRAMING PADA KOMPAS.COM DAN VOA-ISLAM.COM)

TILANA, WIDIA OKTA (2023) PEMBERITAAN KEMBALINYA HAGIA SOPHIA SEBAGAI MASJID DALAM MEDIA ONLINE INDONESIA (ANALISIS FRAMING PADA KOMPAS.COM DAN VOA-ISLAM.COM). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img] Text
WIDIA OKTA TILANA 1720701084.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Media online dalam menyampaikan suatu peristiwa atau berita, terkadang terdapat perbedaan sudut pandang dari media yang satu dengan media yang lainnya. Beberapa waktu lalu, perubahan status Hagia Sophia yang semula adalah museum berubah menjadi masjid sempat menghebohkan dunia karena banyak masyarakat yang pro dan kontra dengan pengalihan fungsi bangunan tersebut. Salah satu media yang memberitakan peristiwa tersebut adalah Kompas.com dan VOAIslam.com. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana framing pemberitaan Kembalinya Hagia Sophia sebagai Masjid pada media online Kompas.com dan VOA-Islam.com dan perbandingan hasil dari framing kedua media tersebut. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teori dan teknik analisis yang digunakan yaitu analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki dengan struktur analisis skrip (cara wartawan menyusun faka), sintaksis (cara wartawan mengisahkan fakta), tematik (cara wartawan menulis fakta) dan retoris (cara wartawan menekankan fakta). Maka dari itu hasil framing dalam penelitian ini yakni sebagai berikut; Kompas.com dalam pemberitaan Kembalinya Hagia Sophia Sebagai Masjid menyajikan frame penolakan kembalinya Hagia Sophia sebagai masjid oleh pihak Gereja Ortodoks Rusia dan Yunani. Sedangkan VOA-Islam.com menyajikan frame Pemimpin Islam Dunia dan Perdana Menteri Pakistan sambut baik kembalinya Hagia Sophia sebagai Masjid. Penolakan kembalinya Hagia Sophia sebagai Masjid oleh pihak Gereja Ortodoks pada berita Kompas.com dianggap mengancam peradaban kristen dan membuat sakit yang mendalam bagi orang Rusia serta diperingati sebagai hari berkabung bagi orang Yunani dan menyatakan permusuhan terhadap Islam sekaligus Turki atas peristiwa tersebut. Sebaliknya dalam berita VOA-Islam.com framing yang ditampilkan yakni memuat ucapan selamat, terima kasih dan pemberian banyak pujian terhadap keputusan Erdogan yang mengembalikan Hagia Sophia sebagai Masjid. Kata kunci : Framing, Hagia Sophia, Media online

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 31 May 2023 03:34
Last Modified: 31 May 2023 03:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27789

Actions (login required)

View Item View Item