IMPLEMENTASI AKAD MUSAQAH DALAM PENGELOLAAN KEBUN KARET PADA MASYARAKAT DESA TULUNG SELUANG KECAMATAN TULUNG SELAPAN KABUPATEN OKI

Monika, Ade (2022) IMPLEMENTASI AKAD MUSAQAH DALAM PENGELOLAAN KEBUN KARET PADA MASYARAKAT DESA TULUNG SELUANG KECAMATAN TULUNG SELAPAN KABUPATEN OKI. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (948kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang terkait kerjasama musaqah di Desa Tulung Seluang oleh petani karet yaitu orang yang memiliki kebun memberi kebun untuk petani penggarapnya supaya dilaksanakan pengelolaan serta perawatan dengan dasar kepercayaan. Sistem pengelolaan kebun karet oleh masyarakat tersebut yakni sistem bagi hasil musaqah, yang mana pelaksanaan kerjasama musaqah dilakukan secara tidak tertulis sehingga hal inilah yang jadi penyebab dari pelanggaran terhadap kerjasama musaqah Desa Tulung Seluang. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan implementasi akad musaqah dalam pengelolaan perkebunan karet dan pandangan masyarakatnya terkait kerjasama musaqah di Desa Tulung Seluang Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten OKI. Penelitian ini memakai kualitatif dengan menggunakan kenyataan atau realita lapangan melalui teknik untuk mengumpulkan datanya dengan wawancara secara langsung. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan kesimpulannya adalah kerjasama musaqah yang diterapkan pada Desa Tulung Seluang Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten Oki sudah memenuhi syariat islam dan dapat dinyatakan sesuai pada akad musaqah, karena sistem bagi hasil yang digunakan yaitu bagi dua 50% bagi orang yang memiliki kebun dan 50% bagi petani penggarapnya, melalui kesepakatan biayanya ditanggung oleh pemilik kebun dengan petani penggarap, hanya saja pelaksanaannya dilakukan secara lisan berdasarkan kepercayaan dan adat setempat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Musaqah, Petani Karet, Ekonomi Islam.
Subjects: 200 Agama > 297 Islam > 2x1 Al-Quran dan Ilmu Terkait
Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: ADE MONIKA
Date Deposited: 31 May 2023 03:46
Last Modified: 31 May 2023 03:46
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27818

Actions (login required)

View Item View Item