Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 123 Palembang

Marsella, Micca (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 123 Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V SKRIPSI.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS. Salah satu penyebabnya adalah model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi saat peembelajaran IPS sehingga siswa merasa jenuh, bosan dan kurang tertarik untuk melaksanakan pembelajaran. Model examples non examples merupakan model pembelajaran yang menggunakan gambar sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran examples non examples pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 123 Palembang, (2) Bagaimana hasil belajar sesudah diterapkan model pembelajaran examples non examples pada mata pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 123 Palembang, (3) Bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran examples non examples terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 123 Palembang. Jenis penelitiaan dalam hal ini menggunakan pendekatan penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre experimental design dalam bentuk One-Grup Pretest- posttest Design, desain dapat membandingkan dua data sebelum dan sesudah perlakuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan uji t, uji normalitas dan uji hipotesis. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV D yang terdiri dari 32 siswa. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar siswa sebelum diterapkan model examples non examples dari hasil soal yang di peroleh 2 siswa yang nilai nya terkategori tuntas (6,25%) dan 30 siswa yang terkategori tidak tuntas (93,75%). (2) Hasil belajar siswa sesudah diterapkan model examples non examples dari hasil soal yang diperoleh terdapat perbedaan yang signifikan yaitu pada 19 siswa yang nilainya terkategori tuntas (59,375%) dan 13 siswa yang terkategori tidak tuntas (40,625%). (3) Hasil uji hipotesis menggunakan uji T-test menunujukkan bahwa Ha diterima karena nilai sig < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Berdasarkan data tersebut adanya pengaruh yang signifikan terhadap penerapan model examples non examples terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 123 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Examples Non Examples; Hasil Belajar.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Micca Marsella 1930201148
Date Deposited: 05 Jun 2023 03:13
Last Modified: 05 Jun 2023 03:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27850

Actions (login required)

View Item View Item