Pengaruh Penerapan Media Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Kelas III Di SDN 17 Talang Kelapa

Lukvia, Lukvia (2023) Pengaruh Penerapan Media Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Kelas III Di SDN 17 Talang Kelapa. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang tidak diterapkan media picture and picture, (2) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik kelas eksperimen sebelum diterapkan media picture and picture, (3) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik kelas eksperimen setelah diterapkan media picture and picture, (4) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan media picture and picture pada pembelajaran tematik kelas III di Sekolah Dasar Negeri 17 Talang Kelapa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan design penelitian Quasi Eksperimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas III.A dan III.B dan sampel adalah sebagian dari populasi yang diambil. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Pada hasil perhitungan tabel descriptive statistic dimana nilai rata-rata posttest kelas eksperimen kelas III.B lebih besar dari kelas kontrol yaitu kelas III.A dengan nilai 81,53 > 58,07. Dan pada uji hipotesis memiliki nilai 0,000 < 0,05 bahwa hipotesis alternative (ha) memiliki pengaruh. Dengan kata lain, terdapat pengaruh yang signifikan dari media picture and picture terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas III di Sekolah Dasar Negeri 17 Talang Kelapa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Media Picture and Picture, Hasil belajar
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LUKVIA 1930201103
Date Deposited: 06 Jun 2023 08:06
Last Modified: 06 Jun 2023 08:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27925

Actions (login required)

View Item View Item