GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SDN 3 BENAKAT KAB. MUARA ENIM

A'as Anisyah, Derra (2023) GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SDN 3 BENAKAT KAB. MUARA ENIM. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SDN 3 Benakat Kab. Muara Enim”. Gaya Kepemimpinan kepala sekolah tentu sangat berperan dalam pencapaian tujuan suatu sekolah yang telah direncanakan. Dengan rumusan masalah peneliti yaitu: Bagaimana gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SDN 3 Benakat dan Apa sajakah kendala dan upaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SDN 3 Benakat. Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam memimpin akan berdampak kepada kinerja guru serta mempengaruhi kegiatan orang lain. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi informan penelitian yaitu Kepala Sekolah, Bendahara Sekolah, Guru SDN 3 Benakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SDN 3 Benakat dapat dikatakan sudah cukup baik dilihat dari beberapa indikator gaya kepemimpinan kepala sekolah yaitu dalam mengambil keputusan kepala sekolah melakukan bermusyawarah dan melibatkan guru, dalam memotivasi bawahan upaya dilakukan oleh kepala sekolah dengan cara diberikan arahan, kompensasi meskipun memberikan motivasi kepada bawahan bukanlah hal yang mudah, dalam berkomunikasi kepala sekolah memiliki komunikasi yang baik dan sikap terbuka terhadap bawahan, dalam mengendalikan bawahan kepala sekolah berusaha bersikap tegas dalam mempengaruhi bawahan walaupun terjadi beberapa hambatan, warga sekolah juga bertanggung jawab dengan baik namun alangkah baiknya jika warga sekolah lebih memperhatikan mengenai waktu, dalam pengendalian emosional kepala sekolah serta dewan guru sudah sebaik mungkin dengan sabar serta memahami masalah yang terjadi. Adapun kendala yang dihadapi dalam meningkatkan kinerja guru di SDN 3 Benakat terdiri dari mengendalikan bawahan yaitu guru kurang disiplin, kesulitan memberi motivasi/semangat, kemudian manajemen waktu yang belum terorganisir dengan baik oleh warga sekolah, serta guru yang kurang siap dalam mengajar seperti metode/media yang digunakan kurang efektif. Adapun upaya dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SDN 3 Benakat yaitu, melakukan monitoring/evaluasi, memberi semangat maupun nasehat, melengkapi sarana dan prasarana, serta memberikan pelatihan kepada dewan guru dan memiliki kerja sama yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kinerja Guru.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: DERRA A'AS ANISYAH 1930203132
Date Deposited: 06 Jun 2023 08:07
Last Modified: 06 Jun 2023 08:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27986

Actions (login required)

View Item View Item