Evaluasi Kurikulum: Relevansi Ranah Afektif Dengan Pengamalan Sikap Toleransi dan Kepercayaan Diri

Fajri, Ismail (2023) Evaluasi Kurikulum: Relevansi Ranah Afektif Dengan Pengamalan Sikap Toleransi dan Kepercayaan Diri. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9 (1). pp. 104-114. ISSN 2549 - 6474

[img]
Preview
Text
document(2).pdf

Download (639kB) | Preview

Abstract

Hasil penilaian ranah a fektif belum diketahui berdampak nyata pada perubahan sikap peserta didik sehari - hari, seperti dalam sikap toleransi dan kepercayaan diri, terutama pasca Covid - 19. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan relevansi hasil penilaian afektif dengan pengama lan sikap toleransi dan kepercayaan diri peserta didik. Ranah afektif dipilih karena fakta literatur sangat minim mengkaji evaluasi afektif dan pengamalan sikap toleransi dan kepercayaan diri. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan pend ekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi dan skala sikap, kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Kesimpulan penelitian ini adalah Pertama, ditemukan relevansi hasil penilaian ranah afektif dengan sikap sikap toleransi pada tiga aspek yaitu (a) menerima adat dan budaya oranglain, (b) mendengarkan oranglain, (c) bekerjasama dan berdiskusi dengan oranglain kategori sangat tinggi, dan relevansi kategori sedang pada aspek memahami sudut pandang oranglain. Kedua, r elevansi dengan sikap kepercayaan diri ditemukan sangat tinggi pada aspek mencintai diri sendiri dan mengenal diri sendiri, dan relevan dengan kategori sedang pada aspek kemampuan berdamai dengan diri sendiri dan mempunyai tujuan yang jelas.

Item Type: Article
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Kurikulum
Depositing User: Fajri Ismail -
Date Deposited: 05 Jun 2023 07:31
Last Modified: 05 Jun 2023 07:37
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27996

Actions (login required)

View Item View Item