ETIKA KOMUNIKASI DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KELURAHAN BAGUS KUNING KOTA PALEMBANG

Ramadhan.AP, Bambang Fadhilah (2023) ETIKA KOMUNIKASI DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KELURAHAN BAGUS KUNING KOTA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
Bambang Fadhilah Ramadhan.AP 1930701054.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul ”Etika komunikasi dalam pelayanan publik di kantor Kelurahan Bagus Kuning Kota Palembang. Tujuan dari melakukan Penelitian ini untuk mengetahui etika komunikasi dalam pelayanan publik di kantor Kelurahan Bagus Kuning Kota Palembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan jenis data primer dan sekunder. Data dalam penelitian ini di peroleh dari beberapa cara seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi dalam penelitian ini di Jl.DI Panjaitan No.100, Kel.Tangga Takat, Kec.Seberang Ulu II, Plaju Kota Palembang Provinsi Sumatra Selatan 30111. Teknis analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan model Miles dan Hubermen dengan menggunakan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan yaitu teori etika komunikasi menurut Richard L Johannesen etika komunikasi memliki enam prinsip, yaitu Prinsip keindahan, Prinsip persamaan, Prinsip kebaikan, Prinsip keadilan, Prinsip kebebasan, dan Prinsip kebenaran. Hasil penelitian ini di dapatkan bahwa etika komunikasi pelayanan publikdi Kantor Kelurahan Bagus Kuning Kota Palembang sudah dapat menerapkan lima indikator etika komunikasi menurut Richard L Johannesen yaitu prinsip keindahan, prinsip persamaan, prinsip kebaikan, prinsip keadilan, dan prinsip kebenaran Etika komunikasi dalam pelayanan publik dikantor kelurahan Bagus Kuning sudah berjalan dengan baik, sesuai keinginan masyarakat, sehingga masyarakat sudah merasa cukup puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pegawai kantor Kelurahan Bagus Kuning pada saat melakukan kegiatan pelayanan publik di kantor kelurahan Bagus Kuning Kota Palembang. Sayangnya belum bisa menerapkan prinsip kebebasan karna masyarakat yang masih menggunakan bahasa daerah mereka pada saat akan melakukan pelayanan, yang membuat pelayanan di Kantor Keluarahan Bagus Kuning Kota Palembang jadi terhambat. Kata Kunci : Etika, Pelayanan, Kelurahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 06 Jun 2023 08:08
Last Modified: 06 Jun 2023 08:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28010

Actions (login required)

View Item View Item