ADAT "MEMBERSIHKAN DUSUN" SANKSI TERHADAP PELAKU PERZINAAN DIDESA GUNUNG KARTO KECAMATAN TANJUNG SAKTI PUMI KABUPATEN LAHAT MENURUT HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM

MAHESYAH S.H., RIKSI (2022) ADAT "MEMBERSIHKAN DUSUN" SANKSI TERHADAP PELAKU PERZINAAN DIDESA GUNUNG KARTO KECAMATAN TANJUNG SAKTI PUMI KABUPATEN LAHAT MENURUT HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)

Abstract

ABSTRAK Perzinaan ialah sebuah tindakan yang sangat dzalim dan dianggap sebagai suatu bentuk tindakan jarimah. tindakan perzinaan dan dianggap sebagai suatu perbuatan yang melawan hukum. terdapat tradisi-tradisi yang dilakukan oleh setiap suku yang ada, salah satunya adalah tradisi Membersihkan Dusun yang merupakan adat atau kebiasaan yang digunakan oleh suku di Provinsi Sumatera Selatan. Adat Membersihkan Dusun hanya terdapat di daerah Kecamatan Tanjung Sakti Pumi saja dan tidak semua masyarakat melaksanakannya, salah satu desa yang melaksanakan adat Membersihkan Dusun adalah Desa Gunung Karto, mereka melakukan tradisi Membersihkan Dusun sebagai simbol bahwa larangan keras atau sanksi berat bagi siapapun yang terbukti melakukan tindakan perzinaan di Desa Gunung Karto. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengetahui lebih dalam dan melihat tradisi ni dari sisi hukum Islam dan hukum positif yang berlaku maka penelitian ini akan berfokus untuk mengetahuiBagaimana tata cara pelaksanaan tradisi adat “Membersihkan dusun” sanksi terhadap pelaku perzinaan “di desa Gunung Kerto, kecamatan Tanjung Sakti Pumi, kabupaten Lahat”?Bagaimana tinjauan Hukum Posiif terhadap adat “Membersihkan Dusun” di desa Gunung Karto, Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, Kabupaten Lahat”? Bagaimana tinjauan Hukum islam terhadap adat “Membersihkan Dusun” “di desa Gunung Karto, kecamatan Tanjung Sakti Pumi, kabupaten Lahat”? Peneltian ini termasuk kedalam bersifat kualitatif. Penelitian ini bertumpu pada penelitian pustaka, dimana teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang telah dikumpulkan akan di analisa dengan teknik interprestrasi dan disusun sehingga menghasilkan data yang berbentuk diskriptif. Berdasarkan hasil dari observasi dan wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti maka di dapat hasil : Rangkaian prosestradisi Membersihkan Dusun ini adalah Musyawarah Pemangku Adat dan Pemerintah Desa, setelah itu proses penyembelihan seekor kambing yang dilaksanakan diluar desa, selanjutnya setelah proses penyembelihan sembari daging kambing tersebut dibersihkan maka menaburkan garam dari hulu sampai hilir desa yang mempunyai simbol membuang hal-hal yang buruk di desa Gunung Karto supaya tidak terjadi di kemudian hari, proses selanjutnya yaitu prosesi yang terakhir yaitu memasak daging kambing yang sebelumnya telah disembelih dan makan bersama. Tinjauan hukum islam adat Membersihkan Dusun ini sedikit bertentangan dengan syariat hukum islam yang mana dalam hukum islam telah dijelaskan didalam Hadist dan ayat Al Qur’an. Tinjauan Hukum Positif terhadap tradisi Membersihkan Dusun boleh dilakukan dengan catatan memperhatikan setiap kegiataan yang dilakukan dalam prosesnya agar tidak terdapat aktivitas yang menyalahi aturan yang tercantum dalam UUD dan Pancasila. Serta mempunyai tujuan yang baik pula.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Tinjauan Hukum , Perzinaan, Membersihkan Dusun,
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Ensiklopedia Umum
Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74233 - Perbandingan Mazhab
Depositing User: RIKSI MAHESYAH 1830102049
Date Deposited: 06 Jun 2023 08:08
Last Modified: 06 Jun 2023 08:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28017

Actions (login required)

View Item View Item