DESI UTAMI, NIM. 14210040 (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING TIPE MASTER TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH PARADIGMA PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
DESI UTAMI (14210040).pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pengaruh penerapan Model pembelajaran Accelerated Learning tipe MASTER terhadap aktivitas belajar siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Paradigma Palembang. Perumusan Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana aktivitas belajar siswa kelas VII sebelum penerapan model pembelajaran Accelerated Learning Tipe MASTER di MTs Paradigma Palembang? (2) Bagaimana aktivitas belajar siswa kelas VII setelah penerapan model pembelajaran Accelerated Learning Tipe MASTER di MTs Paradigma Palembang? (3) Bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran Accelerated Learning Tipe MASTER terhadap aktivitas belajar siswa kelas VII MTs Paradigma Palembang? Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa kelas VII sebelum menggunakan model pembelajaran Accelerated Learning tipe MASTER di MTs Paradigma Palembang. (2) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Accelerated Learning tipe MASTER di kelas VII MTs Paradigma Palembang. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Accelerated Learning tipe MASTER terhadap aktivitas belajar siswa kelas VII MTs Paradigma Palembang. Pola penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan desain Pre Experimental Design tipe One Group Pretest - Posttest Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Accelerated Learning tipe MASTER (x) dan variabel terikatnya adalah aktivitas belajar siswa (y). Dalam penelitian ini digunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian Pertama, aktivitas belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran accelerated learning tipe MASTER tergolong sedang karena dari 25 siswa terdapat 10 siswa (40 %) tinggi, 14 siswa (56 %) sedang dan 1 siswa (4 %) rendah. Kedua, aktivitas belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran accelerated learning tipe MASTER tergolong tinggi karena dari 25 siswa terdapat 14 siswa (56 %) tinggi, 7 siswa (28 %) sedang dan 4 siswa (16 %) rendah. Ketiga, pengaruh penerapan model pembelajaran Accelerated Learning tipe MASTER berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa kelas VII MTs Paradigma Palembang. Hal ini dilihat dari analisis data yang dilakukan peneliti dengan menggunakan rumus uji-t yaitu t hitung = 8,24 > t tabel = 2,064 (5%). Maka hasilnya adalah signifikan. Kata kunci : model pembelajaran accelerated learning tipe MASTER, aktivitas belajar siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 14 Feb 2019 08:00 |
Last Modified: | 14 Feb 2019 08:00 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/2802 |
Actions (login required)
View Item |