Analisis Sistem Bagi Hasil Penggarapan Sawah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Palak Tanah Kecamatan Semende Darat Tengah Kabupaten Muara Enim

Damayanti, Siska (2023) Analisis Sistem Bagi Hasil Penggarapan Sawah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Palak Tanah Kecamatan Semende Darat Tengah Kabupaten Muara Enim. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK NEW NEW.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1,2,3,4,5.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA new.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Masyarakat Desa Palak Tanah merupakan masyarakat yang sebagian besar mengandalkan pendapatan dari pertanian. Karena tidak semua memiliki lahan sendiri untuk digarap sebagian petani menggarap lahan orang lain untuk memenuhi kebutuhan ekonominya dan unutk meningkatkan kesejahteraan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan sistem bagi hasil penggarapan sawah di Desa Palak Tanah Kecamatan Semende Darat Tengah Kabupaten Muara Enim dan bagaimana dampak dari sistem bagi hasil penggarapan sawah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Palak Tanah. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research), dengan datanya yaitu data primer dan data sekunder. Adapaun teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan data deskriptif kualitatif yakni menggambarkan dan menguraikan sejelas mungkin permasalahan yang ada pada rumusan masalah, secara sistematis, faktual dan akurat teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembagian hasil dari garapan sawah yang dilakukan masyarakat desa Palak Tanah menerapkan 2 sistem yaitu sistem sasih dan sistem paroan, sistem paro dengan pembagian (1:2/1:2) dan sistem sasih (1:2/1:3) untuk pembagian hasil tersebut akan dibagi setelah seluruh panen selesai dilakukan. Dampak dari adanya sistem bagi hasil penggarapan sawah di Desa Palak Tanah yaitu mampu memenuhi kebutuhan primer seperti sandang, pangan dan papan, serta terpenuhinya kebutuhan mental, spiritual. Dan Petani penggarap sepakat harus ada pendapatan tambahan untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: SISKA DAMAYANTI 1910602005
Date Deposited: 16 Jun 2023 08:16
Last Modified: 16 Jun 2023 08:16
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28104

Actions (login required)

View Item View Item