POTENSI UJI EKSTRAK DAUN ALPUKAT (Persea americana) TERHADAP MORTALITAS KUTU RAMBUT (Pediculus humanus capitis) DAN SUMBANGSIHNYA PADA MATERI ARTHROPODA KELAS X SMA/MA

Harwama, Adella (2023) POTENSI UJI EKSTRAK DAUN ALPUKAT (Persea americana) TERHADAP MORTALITAS KUTU RAMBUT (Pediculus humanus capitis) DAN SUMBANGSIHNYA PADA MATERI ARTHROPODA KELAS X SMA/MA. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text
BAB 1..pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3..pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4..pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka..pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

Kutu rambut (Pediculus humanus capitis) merupakan serangga yang menginfeksi rambut yang menyebabkan rasa gatal dan luka pada area kepala. Salah satu cara yang digunakan untuk mengendalikan infeksi oleh kutu rambut (Pediculus humanus capitis) yaitu dengan menggunakan insektisida nabati dari tumbuhan. Pada penelitian ini menghasilkan sumbangsih bagi dunia pendidikan yakni infografis. Infografis adalah bentuk visualisasi data yang menyampaikan informasi kompleks kepada pembaca agar dapat dipahami dengan lebih mudah dan cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh ekstrak daun alpukat (Persea americana) terhadap mortalitas kutu rambut (Pediculus humanus capitis) serta untuk mengetahui konsentrasi optimum ekstrak daun alpukat (Persea americana) dalam mortalitas kutu rambut (Pediculus humanus capitis). Jenis penelitian rancangan acak lengkap (RAL). Sampel yang digunakan yakni kutu rambut (Pediculus humanus capitis) yang diuji dengan ekstrak daun alpukat (Persea americana) menggunakan 6 perlakuan P1 (25%), P2 (50%) dan P3 (75%), P4 (100%), parmetrin 1% sebagai kontrol positif dan CMC Na 0,5% kontrol negatif dengan 4 kali pengulangan dalam waktu 2 jam. Uji one way ANOVA menunjukan ekstrak daun alpukat (Persea americana) memberikan pengaruh terhadap mortalitas kutu rambut (Pediculus humanus capitis) (Sig 0,000<0,05). Berdasarkan analisis probit LC50 konsentrasi optimum daun alpukat dalam menyebabkan mortalitas kutu rambut adalah pada konsentrasi 25% karena sudah dapat membunuh 50% hewan uji. Hasil validasi sumbangsih didapatkan yakni 94,25% dengan kategori sangat valid sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
500 Sains dan Matematika > 570 Biologi, Ilmu Hayat > Biologi
Sains dan Teknologi > Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: ADELLA HARWAMA 1920207072
Date Deposited: 09 Jun 2023 08:11
Last Modified: 09 Jun 2023 08:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28136

Actions (login required)

View Item View Item