IDENTIFIKASI MAKROZOOBENTOS DI SUNGAI SEKANAK SEBAGAI BIOINDIKATOR KUALITAS PERAIRAN SERTA SUMBANGSIHNYA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS X SMA/MA

Pratami, Shinta (2023) IDENTIFIKASI MAKROZOOBENTOS DI SUNGAI SEKANAK SEBAGAI BIOINDIKATOR KUALITAS PERAIRAN SERTA SUMBANGSIHNYA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS X SMA/MA. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI (2).pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

Sungai Sekanak merupakan salah satu anakan dari Sungai Musi yang terletak di pusat kota. Secara fisik air sungai sekanak sudah mengalami perubahan fisik air sehingga perlu dilakukan analisis kualitas terhadap air tersebut agar memperoleh data yang akurat mengenai kualitas air sungai tersebut. Penelitian mengenai identifikasi jenis - jenis makrozoobentos yang telah dilakukan dengan tujuan agar dapat mendeskripsikan dan membuat kunci determinasi jenis-jenis makrozoobentos yang digunakan sebagai bioindikator kualitas air Sungai Sekanak serta didukung dengan pengukuran parameter fisika dan parameter kimia air. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan metode eksplorasi dengan waktu penelitian dimulai pada bulan November – Desember 2022. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ditemukan 3 kelas yaitu kelas Gastropoda, Malacostraca, dan Insecta Akuatik. Kelas Gastropoda terdiri dari Famili Viviparidae yaitu Bellamya sumtrensis, Famili Pacychilidae yaitu Brotia testudinaria, Famili Thiridae yaitu Melanoides tuberculata dan Thiara pantherina. Kelas Malacostraca terdiri dari Famili Gecarcunicidae yaitu Parthelphusa convexa dan Famili Palaemonidae yaitu Macrobrachium lanchesteri. Sedangkan Kelas Insecta Akuatik hanya terdiri dari Famili Gerridae yaitu Gerris remiges. Kelas Gastropoda yang diidentifikasi berdasarkan morfologi cangkang, sedangkan kelas Malacostraca dan Insecta akuatik yang diidentifikasi berdasarkan morfologi bagian Chepalo, Thorax, dan Abdomen yang kemudian disusun kedalam kunci determinasi. Dari hasil jenis-jenis makrozoobentos yang didapatkan Sungai Sekanak dikategorikan tercemar. Hasil penelitian yang didapatkan dijadikan sumbangsih dalam pembelajaran biologi berupa awetan spesimen dalam blok resin dengan nilai rata -rata validitas 87,5 % dengan kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Identifikasi, Makrozoobentos, Kualitas Air
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
500 Sains dan Matematika > 570 Biologi, Ilmu Hayat
Sains dan Teknologi > Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: SHINTA PRATAMI 1930207082
Date Deposited: 09 Jun 2023 08:13
Last Modified: 09 Jun 2023 08:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28157

Actions (login required)

View Item View Item