Pengaruh Benzyl Amino Purine (BAP) Terhadap Induksi Tunas Dari Eksplan Tangkai Daun dan Tulang Daun Duku (Lansium domesticum Corr.) Pada Media Woody Plant Medium (WPM) dan Sumbangsihnya Pada Materi Bioteknologi Kelas XII SMA/MA

Setianingsih, Resti (2023) Pengaruh Benzyl Amino Purine (BAP) Terhadap Induksi Tunas Dari Eksplan Tangkai Daun dan Tulang Daun Duku (Lansium domesticum Corr.) Pada Media Woody Plant Medium (WPM) dan Sumbangsihnya Pada Materi Bioteknologi Kelas XII SMA/MA. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (10kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

Duku merupakan tanaman musiman yang tumbuh di daerah tropis. Perbanyakan tanaman duku dengan biji memiliki tingkat keberhasilan cukup tinggi namun membutuhkan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, diperlukan adanya metode perbanyakan tanaman yang dapat menghasilkan bibit tanaman duku dalam waktu yang singkat serta berkualitas yakni melalui teknik kultur jaringan (in vitro). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian zat pengatur tumbuh BAP terhadap eksplan tangkai daun dan tulang daun duku dalam menginduksi tunas. Eksplan tangkai daun dan tulang daun duku diinokulasi dalam media Woody Plant Medium (WPM) yang diberi penambahan zat pengatur tumbuh dengan 5 macam konsentrasi yang terdiri atas 0 ppm BAP; 1 ppm BAP; 1,5 ppm BAP; 2 ppm BAP; 2,5 ppm BAP. Penelitian ini dilakukan selama 28 hari di Laboratorium Kultur Jaringan UIN Raden Fatah Palembang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) faktorial. Data yang didapatkan selanjutnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian zat pengatur tumbuh BAP terhadap eksplan tangkai daun dan tulang daun duku belum memberikan respon adanya induksi tunas yakni dengan persentase pertumbuhan tunas sebesar 0%. Hal ini ditandai dengan terjadinya stagnasi (tidak ada pertumbuhan) dan pencoklatan pada eksplan. Dari penelitian yang dilakukan, dibuat media pembelajaran berupa ensiklopedia sebagai sumbangsih penelitian. Hasil validasi media ensiklopedia secara keseluruhan memiliki nilai sebesar 92,7% dengan kategori sangat valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Eksplan Tangkai Daun dan Tulang Daun Duku, Induksi Tunas, Kultur Jaringan, Woody Plant Medium (WPM), Zat Pengatur Tumbuh BAP, Media Ensiklopedia.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
500 Sains dan Matematika > 570 Biologi, Ilmu Hayat
Sains dan Teknologi > Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: RESTI SETIANINGSIH 1930207091
Date Deposited: 09 Jun 2023 08:17
Last Modified: 09 Jun 2023 08:17
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28185

Actions (login required)

View Item View Item