Pengaruh Penambahan BAP Terhadap Induksi Tunas Dari Eksplan Biji Dulu (Lansium domesticum Corr.) Pada Media Woody Plant Medium dan Sumbangsihnya Pada Materi Bioteknologi Kelas XII SMA/MA

Rahmadhanniati, Indah (2023) Pengaruh Penambahan BAP Terhadap Induksi Tunas Dari Eksplan Biji Dulu (Lansium domesticum Corr.) Pada Media Woody Plant Medium dan Sumbangsihnya Pada Materi Bioteknologi Kelas XII SMA/MA. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (141kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

Perbanyakan tanaman duku membutuhkan waktu lama jika dilakukan secara generatif dan vegetatif. Maka untuk mengatasi permasalahan perbanyakan tanaman duku tersebut, dapat dilakukan dengan teknik kultur jaringan untuk mencapai keseragaman bibit dalam waktu yang relatif singkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui ada tidaknya pengaruh pemberian Benzyl Amino Purine pada media Woody Plant Medium terhadap induksi tunas dari eksplan biji duku (Lansium domesticum Corr.). Eksplan biji duku ditanam pada media Woody Plant Medium yang diberi penambahan zat pengatur tumbuh Benzyl Amino Purine dengan 5 macam konsentrasi yang terdiri dari 0 ppm; 1 ppm; 1,5 ppm; 2 ppm; 2,5 ppm. Penelitian ini dilakukan selama 42 hari di Laboratorium Kultur Jaringan UIN Raden Fatah Palembang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan acak lengkap. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan zat pengatur tumbuh Benzyl Amino Purine terhadap eksplan biji duku sudah mampu memberikan adanya respon terhadap induksi tunas. Konsentrasi zat pengatur tumbuh 1 ppm dan 1,5 ppm BAP pada eksplan biji duku merupakan konsentrasi yang paling optimal, hal ini ditandai adanya respon pembentukan tunas yang memiliki kuncup berwarna hijau pada eksplan. Hasil validasi media ensiklopedia secara keseluruhan memiliki nilai sebesar 94,5% dengan kategori sangat valid.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Eksplan Biji Duku, Induksi Tunas, Kultur Jaringan, Woody Plant Medium, Zat Pengatur Tumbuh, dan Media Ensiklopedia.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Sains dan Teknologi > Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: INDAH RAHMADHANNIATI 1930207093
Date Deposited: 09 Jun 2023 09:13
Last Modified: 09 Jun 2023 09:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28197

Actions (login required)

View Item View Item