PENGARUH BENZYL AMINO PURINE (BAP) TERHADAP INDUKSI TUNAS DARI EKSPLAN IBU TANGKAI DAUN DUKU (Lansium domesticum Corr.) PADA MEDIA WOODY PLANT MEDIUM DAN SUMBANGSIHNYA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI KELAS XII SMA/MA

Hilwa, Hilwa (2023) PENGARUH BENZYL AMINO PURINE (BAP) TERHADAP INDUKSI TUNAS DARI EKSPLAN IBU TANGKAI DAUN DUKU (Lansium domesticum Corr.) PADA MEDIA WOODY PLANT MEDIUM DAN SUMBANGSIHNYA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI KELAS XII SMA/MA. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (29kB) | Preview
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

Duku merupakan buah tropis unggulan Indonesia khususnya di Provinsi Sumatera Selatan yang mempunyai nilai ekonimi dan sangat tinggi kandungan nutrisinya. Buah duku memiliki banyak manfaat yang terkandung dalam bidang kesehatan. Disamping itu, permintaan bibit tanaman duku semakin meningkat, akan tetapi produksi bibit dari tahun ke tahun terus menurun. Oleh karena itu diperlukan adanya metode perbanyakan secara cepat dalam skala besar yakni teknik kultur jaringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian hormon BAP terhadap induksi tunas pada eksplan ibu tangkai daun. Eksplan diinokulasi pada media WPM dengan penambahan 5 macam konsentrasi yang terdiri dari 0 ppm; 1 ppm; 1,5 ppm; 2 ppm; dan 2,5 ppm BAP. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Kultur Jaringan UIN Raden fatah Palembang selama 28 hari. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rencangan Acak Lengkap (RAL) faktorial. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian hormon BAP terhadap eksplan ibu tangkai daun duku belum mampu memberikan respon pembentukkan tunas. Morfologi yang terbentuk dari induksi tunas menunjukkan eksplan mengalami perubahan warna hijau kekuningan dan pencoklatan (browning). Hasil validasi media eksiklopedia secara keseluruhan menunjukkan presentase sebesar 93,44% dengan kategori sangat valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Esplan Ibu Tangkai Daun, Induksi Tunas, Woody Plant Medium, Zat Pengatur BAP, Media Ensiklopedia
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
500 Sains dan Matematika > 570 Biologi, Ilmu Hayat
Sains dan Teknologi > Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: HILWA 1930207108
Date Deposited: 13 Jun 2023 01:38
Last Modified: 13 Jun 2023 01:38
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28200

Actions (login required)

View Item View Item