Amini, Mardhia (2023) ANALISIS PENERAPAN TES OBJEKTIF TIPE MATCHING TEST PADA EVALUASI PEMBELAJARAN TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS II DI SDN 35 BANYUASIN III. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan tes objektif tipe matching test dalam evaluasi pembelajaran tematik peserta didik kelas II. Ada empat rumusan masalah dalam penelitian ini pertama untuk mengetahui penerapan tes objektif tipe matching test pada pembelajaran tematik. Kedua untuk mengetahui hasil belajar peserta didik setelah diterapkan tes objektif tipe matching test pada pembelajaran tematik. Ketiga untuk mengetahui dampak penerapan tes objektif tipe matching test pada pembelajaran tematik. Keempat untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari tes objektif tipe matching test pada pembelajaran tematik. Jenis penelitian yaitu kualitatif, karena data yang didapatkan berupa kata verbal bukan angka. Sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan penggumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Subjek dan objek penelitian adalah peserta didik kelas II di SDN 35 Banyuasin III. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama penerapan tes objektif tipe matching test pada evaluasi pembelajaran tematik ada lima tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan evaluasi, monitoring evaluasi, pengelolaan data dan pelaporan hasil evaluasi. Kedua hasil belajar peserta didik cukup memuaskan setelah diterapkan evaluasi tes objektif tipe matching test. Ketiga dampak diterapkannya tes objektif tipe matching test pada evaluasi pembelajaran tematik sudah baik, karena bentuk matching test memudahkan peserta didik dalam memahami soal, kecuali untuk peserta didik yang belum bisa membaca tes ini tidak akan memberikan dampak. Keempat kelebihan memudahkan peserta didik menjawab soal, mudah diberikan skor dan nilai. Kekurangan tes objektif tipe matching test ini hanya mengukur kemampuan mengingat dan tidak bisa mengukur kemampuan kognitif peserta didik yang lebih tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan tes objektif tipe matching test, hasil belajar, dampak, kekurangan dan kelebihan. |
Subjects: | 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Kearsipan 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Ensiklopedia Umum 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Kumpulan Karya Umum, Kutipan, Koleksi Abstrak Umum Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | MARDHIA AMINI 1930201147 |
Date Deposited: | 16 Jun 2023 08:16 |
Last Modified: | 16 Jun 2023 08:16 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28206 |
Actions (login required)
View Item |