JUAL BELI UPAH HARIAN KERJA (HK) DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS PADA KARYAWAN PT DINAMIKA GRAHA SARANA DI DESA PENYANDINGAN KECAMATAN TULUNG SELAPAN KAB.OGAN KOMERING ILIR)

Astuti, Sindy (2023) JUAL BELI UPAH HARIAN KERJA (HK) DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS PADA KARYAWAN PT DINAMIKA GRAHA SARANA DI DESA PENYANDINGAN KECAMATAN TULUNG SELAPAN KAB.OGAN KOMERING ILIR). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB) | Request a copy

Abstract

Jual beli adalah sarana tolong menolong satu sama lain sesama umat manusia, karena didalamnya terdapat hubungan yang sangat kuat antara penjual dan pembeli. Jual beli dilakukan karena adanya kerelaan di antara kedua belah pihak tanpa adanya paksaan dari pihak manapun dan dilakukan berdasarkan hukum Syara’. Terkadang banyak sekali kebutuhan mendesak yang harus segera dipenuhi. Dengan adanya hal tersebut sehingga, karyawan PT Dinamika Graha Sarana melakukan jual beli Upah Harian Kerja (HK) di Desa Penyandingan Kec.Tulung Selapan Kab.Ogan Komering Ilir untuk memenuhi kebutuhan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui Praktek Jual Beli Upah Harian Kerja (HK), mengetahui Jual beli Upah Harian Kerja (HK) dalam Perspektif Ekonomi Syariah dan mengetahui Latar Belakang Karyawan menjual Upah Harian Kerja (HK). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan terjun langsung kelapangan untuk melakukan wawancara. Hasil Penelitian ini adalah Praktek Jual beli Upah Harian Kerja (HK), Upah karyawan perhari di perusahaan sebesar Rp139.000 di jual dengan harga 1 HK Rp119.00 dan pembeli mendapatkan keuntungan sebesar Rp20.000 jika di presentasikan keuntungan pembeli sebesar 20% pembeli memberikan uang terlebih dahulu kepada penjual. Kemudian penjual membayar kepada pembeli saat gajian tiba sebesar Rp139.000. Jual Beli Upah Harian Kerja (HK) dalam Perspektif Ekonomi Syariah adalah tidak diperbolehkan karena tidak memenuhi syarat jual beli. Jual beli Upah Harian Kerja juga terdapat riba, yaitu riba nasiah (penundaan pembayaran) dan riba fadhl (penukaran uang dengan uang yang tidak sejenis). Latar belakang jual beli Upah Harian Kerja (HK) adalah karena banyak sekali kebutuhan mendesak yang harus segera dipenuhi seperti membeli kebutuhan susu, kebutuhan sembako, kebutuhan anak sekolah, bahkan kebutuhan biaya transportasi untuk bekerja. Satu hal yang menjadi pendorong karyawan menjual Upah Harian Kerja (HK) adalah waktu gajian diperusahaan yang sering di tunda bahkan sampai akhir bulan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli, Harian Kerja (HK), Perspektif Ekonomi Syariah
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 330 Ekonomi > Ekonomi perburuhan > Upah, jam kerja dan lain-lain kondisi buruh
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 330 Ekonomi > Ekonomi perburuhan > Pekerjaan menurut industri dan profesi
Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: SINDY ASTUTI -
Date Deposited: 13 Jun 2023 01:46
Last Modified: 13 Jun 2023 01:46
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28234

Actions (login required)

View Item View Item