PENGARUH PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III DI SD NEGERI 16 TANJUNG BATU OGAN ILIR

Lita, Niarti (2023) PENGARUH PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III DI SD NEGERI 16 TANJUNG BATU OGAN ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I LITA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
BAB II LITA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text
BAB III LITA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
BAB IV LITA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text
BAB V LITA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai penggunaan media audio visual terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran Tematik kelas III di SD Negeri 16 Tanjung Batu Ogan Ilir. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan media audio visual, motivasi belajar siswa pada kelas kontol dan kelas eksperimen dan pengaruh penggunaan media audio visual terhadap motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah metode True Eksperimental Design dengan desain penelitian posttest-only control design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III A dan III B yang masing-masing kelas terdiri dari 27 siswa. Penerapan media audio visual terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik tergolong sangat baik. Untuk kelas kontrol memperoleh rata-rata 34,88 sedangkan kelas eksperimen memperoleh rata-rata 54,96. Dengan demikian kategori motivasi belajar kelas eksperimen yang menerapkan media audio visual lebih tinggi daripada kelas kontrol yang tidak menerapkan media audio visual. Dari hasil penelitian dan analisis data diperoleh nilah thitung sebesar 32,271 > ttabel 2, 006647, sehingga hasilnya adalah thitung > ttabel, yakni H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media audio visual terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Studi dan pengajaran pendidikan
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LITA NIARTI 1930201265
Date Deposited: 13 Jun 2023 01:48
Last Modified: 13 Jun 2023 01:48
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28257

Actions (login required)

View Item View Item