DINAMIKA POLITIK PEMILIHAN KEPALA DESA PADA TAHUN 2021 KECAMATAN PULAU BERINGIN KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN (STUDI KASUS PADA DESA TANJUNG BULAN)

Saputra, Carles Cahya (2023) DINAMIKA POLITIK PEMILIHAN KEPALA DESA PADA TAHUN 2021 KECAMATAN PULAU BERINGIN KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN (STUDI KASUS PADA DESA TANJUNG BULAN). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
Carles Cahya Saputra 1930702067.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dinamika Politik Pemilihan Kepala Desa Pada Tahun 2021 Kecamatan Pulau Beringin Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (Studi Kasus Pada Desa Tanjung Bulan) yang fokus membahas mengenai permasalahan money politic yang terjadi ketika pemilihan kepala desa di Desa Tanjung Bulan. Penelitian ini menggunakan desktiptif kualitatif yang mana subjek penelitian ini ialah kepala desa, ketua panitia pilkades, kandidat kepala desa, tim sukses yang telibat, serta masyarakat yang terlibat suap. Data yang di gunakan adalah data primer dan sekunder data primer merupakan data utama yang di proleh langsung di lapangan atau di tempat objek penelitian dan data sekunder meerupakan data tambahan untuk memperkuat data primer seperti dokumentasi. Teori yang di gunakan dalam penulisan ini adalah teori patronase politik. Pada saat proses pemilihan calon kepala desa terjadi indikasi patronase politik yang dilakukan oleh salah satu kandidat incumbent yaitu dengan melakukan money politik pada saat berkampanye, sebagai kadidat yang incumbent seharusnya beliau meberikan contoh yang baik kepada calon yang lain karena dia sudah memiliki pengalaman dalam memimpin desa. Namun akan ke khawatiranya beliau melakukan money politic guna meyakinkan dirinya agar bisa memenangkan pemilihan kepala desa tersebut, kandidat melanggar Perda Ogan Komering Ulu Selatan Pasal 29 ayat (3) yang berprilaku tidak jujur dalam berkampanye, hal tersebut membuat masyarakat kecewa dengan kecurangan yang ia lakukan sehingga bapak buderin tidak memenangkan pemilihan tersebut karena hikangnya kepercayaan masyarakat kepadanya. Kata Kunci: Dinamika Pilkades, Politik Uang, Pemilihan Kepala Desa

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 12 Jun 2023 08:40
Last Modified: 12 Jun 2023 08:40
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28275

Actions (login required)

View Item View Item