PERANAN BMT ASSYAFI'IYAH DALAM MENGATASI KESULITAN KEUANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI DESA TUGU MULYO KEC. LEMPUING KAB. OKI

Kurniawan, Wisnu (2023) PERANAN BMT ASSYAFI'IYAH DALAM MENGATASI KESULITAN KEUANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI DESA TUGU MULYO KEC. LEMPUING KAB. OKI. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Cover, Abstrak, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (970kB) | Preview

Abstract

Munculnya lembaga keuangan syariah di masyarakat menjadi bukti bahwa perkembangan ekonomi syariah di Indonesia masih terus berlangsung. Salah satunya merupakan BMT Assyafi’iyah yang mempunyai produk pembiayaan modal. Walaupun demikian, para UMKM yang berada di desa Tugu Mulyo yang mempunyai masalah keuangan ternyata belum terlalu mengenal apa itu BMT Assyafi’iyah yang padahal bisa mengatasi semua permalasahan keuangan yang dimana jika permasahan selesai, maka para UMKM bisa mengembangkan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengtahui peranan BMT Assyafi;iyah dalam mengatasi kesulitan keuangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Tugu Mulyo Kec.. Lempuing Kab. OKI. Jenis penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Penelitian lapangan dengan observasi (pengamatan), wawancara, dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Wawancara dengan pemilik BMT Assyafi’iyah, dan nasabah. Teknik pengelolaan data dan analisis data penelitian ini yaitureduksi data dengan mengumpulkan data catatan dari lapangan lalu menyusun data dari lapangan, langkah selanjutnya dengan menarik kesimpulan dari semua data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BMT Assyafi'iyah berperan penting dalam mengatasi kesulitan keuangan yang dihadapi UMKM di Desa Tugu Mulyo, dengan memberikan permodalan kepada masyarakat. Namun jika dilihat dari data nasabah BMT Assyafi’iyah keseluruhan. Masyarakat sekitar desa Tugumulyo Kec. Lempuing OKI kurang begitu mengenal BMT, karena dari data tersebut kebanyakan nasabah dari BMT Assyafi’iyah itu dari luar daerah. yang padahal dari kesaksian nasabah yang diwawancarai cukup mudah dari persyaratan hingga pencairan dana yang cukup cepat, yang berarti masyarakat sekitar desa Tugu Mulyo belum terlalu berminat dengan adanya BMT Assyafi’iyah yang bisa mengatasi kesulitan keuangan dalam permodalan usaha para UMKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Modal, BMT Assyafi’iyah, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Minat Masyarakat.
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 330 Ekonomi > Ekonomi keuangan
Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: WISNU KURNIAWAN 1830602242
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:15
Last Modified: 13 Jun 2023 02:15
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28307

Actions (login required)

View Item View Item