Penegakan Hukum Terhadap Pelaku Tindak Pidana Pembuangan Limbah Pabrik Kayu Dalam Perspektif Hukum Pidana Islam (Studi Di Desa Bulang Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim).

Sulisna, Ayuwandari (2023) Penegakan Hukum Terhadap Pelaku Tindak Pidana Pembuangan Limbah Pabrik Kayu Dalam Perspektif Hukum Pidana Islam (Studi Di Desa Bulang Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPS SULISNA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Judul penelitian penegakan hukum terhadap pelaku tindak pidana pembuangan limbah pabrik kayu dalam perspektif hukum pidana Islam (Studi Di Desa Bulang Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang : 1). Bagaimana Penegakan Hukum terhadap Pelaku Tindak Pidana Pembuangan Limbah kayu di Desa Bulang Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim. 2). Bagaimana Perspektif Hukum Pidana Islam terhadap Penegakan Hukum bagi Pelaku Pembuangan Limbah Kayu di Desa Bulang Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim. Metode penelitian ini menggunakan field research (penelitian lapangan) atau Yuridis Empiris (penelitian hukum dengan data primer). Penelitian tesebut yang dilakukan dengan meneliti secara langsung ke lokasi guna untuk mendapatkan data-data yang benar dari peristiwa yang terjadi di Desa Bulang Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim serta Kepolisan Sektor Kecamatan Belimbing mengenai bau limbah pabrik kayu PT pulp and paper. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, kepustakaan dan dokumentasi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa penegakan hukum bagi pelaku tindak pidana pembuangan limbah pabrik kayu PT Pulp and paper sudah ada namun tidak terlasanakan dengan baik, penerapan bahkan upaya penegakan hukum yang dilakukan oleh polisi masih belum efektif bagi pelaku walaupun dari pihak PT sudah melakukan tanggung jawab sosial tetapi tidak sepenuhnya terlaksana dengan baik. Penegakan hukum dalam perspektif hukum pidana harus berlaku adil dimana bukan untuk keuntungan semata bahkan menutupi yang benar, penegakan yang dimaksud hakim dan penegak hukum lainnya. Penegakan hukum yang adil tersebut belum dirasakan masyarakat di lingkungan pabrik kayu PT pulp and paper terutama bagi masyarakat Desa Bulang Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim. Dalam kasus ini bisa saja dikenakan Hukuman Jarimah Ta‟zir. Kata Kunci : Hukum Pidana Islam, Limbah, Penegakan, Pencemaran Lingkungan, Tindak Pidana.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 340 Hukum > Hukum pidana
Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: SULISNA AYUWANDARI 1910103002
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:14
Last Modified: 14 Jun 2023 02:14
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28325

Actions (login required)

View Item View Item