PENGARUH FAKTOR BUDAYA, SOSIAL DAN PSIKOLOGIS MASYARAKAT TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH DI BANK SYARIAH INDONESIA KCP PALEMBANG KENTEN 2

Nurhadi, Ahmad (2023) PENGARUH FAKTOR BUDAYA, SOSIAL DAN PSIKOLOGIS MASYARAKAT TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH DI BANK SYARIAH INDONESIA KCP PALEMBANG KENTEN 2. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI FULL AHMAD NURHADI EDIT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi karena adanya peningkatan jumlah nasabah di Bank Syariah Indonesia KCP Palembang Kenten 2 yang sangat membutuhkan simpan pinjam uang dari yang sesuai dengan ajaran islam. Penelitian ini dilakukan secara empiris dengan menguji pengaruh variabel Faktor Budaya, Faktor Sosial dan Faktor Psikologis terhadap keputusan menjadi nasabahdi Bank Syariah Indonesia KCP Palembang Kenten 2. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif, menggunakan data primer. Data primer pada penelitian ini dihasilkan dari data kuesioner dari responden. Populasi pada penelitian ini ialah Nasabah yang terdata dari tahun 2019 - 2021 di Bank Syariah Indonesia KCP Palembang Kenten. Kemudian, sampel pada penelitian ini diambil melalui pendekatan metode accidental sampling dengan yang ditenui secara kebetulan. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini 97 responden yang didapat dari metode Slovin. Teknik pengujian instrumen dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reabilitas, sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) variabel faktor budaya berpengaruh dan signifikan terhadap Keputusan Menjadi Nasabah ditunjukkan pada hasil thitungthitung4,109>ttabel1,976 dan nilai sig 0,000 < 0,05. (2) variabel faktor sosial berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah ditunjukkan pada hasil 2,120> ttabel 1,976 dan nilai sig 0,037< 0,05 (3) variabel faktor psikologis berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah ditunjukkan pada hasil thitung4,039> ttabel1,976 dan nilai sig 0,000 < 0,05

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Psikologis, Keputusan Menjadi Nasabah
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (Umum)
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: AHMAD NURHADI 1720603067
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:21
Last Modified: 14 Jun 2023 02:21
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28332

Actions (login required)

View Item View Item