TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARI’AH TERHADAP SISTEM PENGUPAHAN KRU WEDDING ORGANIZER DI BATURAJA (Studi Kasus Pada Fafio Wedding Baturaja)

REVNO, DESI (2023) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARI’AH TERHADAP SISTEM PENGUPAHAN KRU WEDDING ORGANIZER DI BATURAJA (Studi Kasus Pada Fafio Wedding Baturaja). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
DESY REVNO 1910104001 (PENYEBARAN SKRIPSI) pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
DESY REVNO 1910104001 (PENYEBARAN SKRIPSI).doc
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Sistem Pengupahan Kru Wedding Organizer di Baturaja (Studi Kasus Fafio Wedding di Baturaja).”Peraturan Undang-Undang No.13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaanberangkat dari masalah upah bagi karyawan usahamikrodi Fafio Wedding. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1)Bagaimana Siatem Pengupahan Kru Fafio Wedding Organizer Baturaja?; 2)Bagaimana Siatem Pengupahan Kru Fafio Wedding Baturaja dalam Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (Field Research). Data dalam penelitian ini bersumber dari data primer yaitu data yang diambil melalui penelitian lapangan dengan wawancara langsung dengan pemilik wedding dan pegawai kru Fafio Wedding Baturaja. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dan disimpulkan secara deduktif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistem pengupahan pada Fafio Wedding Baturaja terhadap pegawaiKru WO Tidak Tetap (Freelance) ini belum sesuai optimal dengan Undang- Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan yang mana upah yang didapatkan pegawai ini belum terlakasana dengan baik karena penghasilan mereka yang belum layak. Layak tidak layaknya dapat dilihat dari pendapatan pekerja tersebut dari hasil kinerja yang dilakukan. Sedangkan dalam Hukum Ekonomi Syari’ah sistem pengupahan ini termasuk dalam Ijarah (sewa-menyewa) dan sistem pengupahan di Fafio Wedding Baturaja ini yang diterapkan pada Pegawai Kru WO Tidak Tetap (Freelance) Fafio Wedding Baturaja ini belum sesuai dengan syarat Ijarah. Karena dalam akadnya tersebut ada unsur Belum Jelasnya dalam Penetapan Nominal dalam upah danadanya paksaan dalam ketidak sadaran sewaktu akad yang mana hal ini bertentangan dengan al-Qur'an, surat An-Nisaa’: 29. Dan Hadis (HR. Abd Al-Razzaq) Kata Kunci : Hukum Ekonomi Syariah, Pengupahan Kru Fafio Wedding, Fafio Wedding Baturaja.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 200 Agama > 297 Islam > 2x4 Fiqih
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 340 Hukum > Sistem-sistem hukum > Hukum islam
Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: DESY REVNO 1910104001
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:35
Last Modified: 14 Jun 2023 02:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28335

Actions (login required)

View Item View Item