TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PERLINDUNGAN HUKUM KARYAWAN PEREMPUAN SIF MALAM DI STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM (SPBU) 24.301.120 CELENTANG KOTA PALEMBANG

FEBRIANI, NURAIDA (2023) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PERLINDUNGAN HUKUM KARYAWAN PEREMPUAN SIF MALAM DI STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM (SPBU) 24.301.120 CELENTANG KOTA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI NURAIDA FEBRIANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI NURAIDA FEBRIANI.docx
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Perlindungan hukum adalah suatu aturan yang harus ditetapkan oleh semua perusahaan ataupun pengusaha guna melindungi para pekerjanya. Perlindungan hukumnya harus sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Di Undang-Undang Ketenagakerjaan ini memberikan perlindungan yaitu bahwa setiap tenaga kerja mempunyai hak dan kesempatan yang sama untuk mendapatkan suatu perlindungan tanpa membeda-bedakan jenis kelamin, ras dan agama. Dari latar belakang diatas, maka peneliti merumuskan masalah yaitu Bagaimanakah Perlindungan Hukum Karyawan Perempuan Sif Malam Di SPBU 24.301.120 Celentang Kota Palembang? Dan Bagaimanakah Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Perlindungan Hukum Karyawan Perempuan Sif Malam Di SPBU 24.301.120 Celentang Kota Palembang? Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa penelitian lapangan (field research), penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan sumber data primer, sumber data sekunder dan di dukung data tersier dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan observasi. Kemudian data-data tersebut di analisis dengan metode deskriptif, kualitatif dan di simpulkan secara induktif. Hasil dari penelitian peneliti bahwa : Perlindungan hukum karyawan perempuan sif malam di SPBU 24.301.120 Celentang Kota Palembang sudah diterapkan sesuai dengan Undang-Undang Ketenagakerjaan namun implementasi terhadap pekerja belum sepenuhnya dirasakan. Bentuk perlindungan yang diberikan yaitu adanya petugas keamanan, diberikannya makanan dan minuman khususnya bagi para pekerja sif malam dan adanya perlindungan atas kesusilaan dan keamanan selama ditempat kerja dan Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Perlindungan Hukum Karyawan Perempuan Sif Malam Di SPBU 24.301.120 Celentang Kota Palembang belum sesuai dengan Maqashid Syariah. Salah satu bentuk dari Maqashid Syariah yaitu Hifdzun Nafs (memelihara jiwa). SPBU 24.301.120 Celentang Kota Palembang belum memberikan jaminan kesehatan untuk para pekerjanya dan belum memberikan jasa transportasi antar jemput bagi para pekerja khususnya pekerja perempuan sif malam, sehingga keselamatan jiwa pekerja perempuan sif malam terancam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 340 Hukum > Filsafat dan teori hukum
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 340 Hukum > Sistem-sistem hukum > Hukum islam
Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: NURAIDA FEBRIANI 1910104002
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:28
Last Modified: 14 Jun 2023 02:28
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28336

Actions (login required)

View Item View Item