Tinjauan Hukum Fara’idh Terhadap The Turkish Civil Code Pasal 495 Tentang Kesetaraan Bagian Waris Antara Laki-Laki dan Perempuan

Muniroh, Muflihatul (2023) Tinjauan Hukum Fara’idh Terhadap The Turkish Civil Code Pasal 495 Tentang Kesetaraan Bagian Waris Antara Laki-Laki dan Perempuan. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Skripsi.pdf

Download (121kB) | Preview
[img] Text
Bab 1 Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 2 Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3 Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4 Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka Skripsi.pdf

Download (218kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena penerapan hukum waris Turki yang bertentangan dengan hukum Fara’idh yang terdapat di dalam The Turkish Civil Code Pasal 495 yang di dalamnya memuat tentang kesetaraan bagian waris antara laki-laki dan perempuan yakni dengan perbandingan bagian 1:1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah studi kepustakaan (literatur pustaka). Teknik yang digunakan dalam pengolahan data penelitian ini yaitu editing, classifying, verifying, concluding. Kemudian, analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif. Serta teknik penarikan kesimpulan menggunakan cara pendekatan deduktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, yaitu: (1) hal-hal yang mendasari The Turkish Civil Code menuntut kesetaraan bagian waris antara laki-laki dan perempuan yaitu banyaknya bermunculan gerakan-gerakan perempuan yang menyuarakan isu-isu perlindungan terhadap hak-hak perempuan, gaung tuntutan kesetaraan gender pada saat undang-undang ini akan disahkan masih menjadi tren yang sangat kuat, adanya sebagian besar keluarga-keluarga di Turki yang tidak melaksanakan pembagian waris 2:1 namun digantikan oleh transfer inter vivos, Turki mengadopsi langsung dan besar-besaran yaitu The Swiss Civil Code 1912 ke dalam The Turkish Civil Code. (2) tinjauan hukum fara’idh terhadap The Turkish Civil Code Pasal 495 tentang kesetaraan bagian waris antara laki-laki dan perempuan adalah perbandingan 1:1 bukanlah suatu hal yang menyimpang dari apa yang telah dijelaskan di dalam Al-Quran, namun itu adalah bentuk dari hukum waris yang bersifat dinamis mengikuti perubahan dan perbedaan dari satu masa ke masa lain serta dari tempat ke tempat lain karena perbuatan dan perbedaan fatwa atau opini hukum dapat terjadi karena perbedaan waktu, tempat (lingkungan), situasi, tujuan dan adat istiadat. Serta terdapat upaya lain dalam penyelesaian masalah kewarisan yaitu perdamaian.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: The Turkish Civil Code, fara’idh, kesetaraan
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 340 Hukum > Sistem-sistem hukum > Hukum islam
Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: MUFLIHATUL MUNIROH 1910101014
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:23
Last Modified: 14 Jun 2023 02:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28337

Actions (login required)

View Item View Item