STRATEGI PENGURUS MASJID JAMI KARYA BAKTI PALEMBANG DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI JAMAAH MELAKSANAKAN SALAT SUBUH BERJAMAAH

Destriani, Destriani (2023) STRATEGI PENGURUS MASJID JAMI KARYA BAKTI PALEMBANG DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI JAMAAH MELAKSANAKAN SALAT SUBUH BERJAMAAH. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
cover ddestriani .pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 1.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Strategi Pengurus Masjid Jami Karya Bakti Palembang Dalam Meningkatkan Motivasi Jamaah Melaksanakan Salat Subuh Berjamaah”. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi pengurus masjid Jami Karya Bakti Palembang dalam meningkatkan motivasi jamaah melaksanakan salat subuh berjamaah, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu strategi yang dilakukan oleh pengurus masjid dalam memotivasi jamaah dengan strategi yang dilakukan oleh pengurus masjid dalam memotivasi jamaah dengan pertama menjalin komunikasi dan hubungan yang baik dengan jamaah serta menyapa masyarakat dengan ramah dengan menggunakan bahasa yang baik untuk mengajak serta mengingatkan untuk melakukan salat subuh berjamaah, kedua melibatkan masyarakat dalam setiap kegiatan yang ada dimasjid agar masyarakat setempat merasa dihargai dan dilibatkan dalam kegiatan yang ada dimasjid dan kegiatan yang dilakukan juga berdasarkan kesepakatan bersama, dan strategi yang lakukan yaitu dengan menyediakan tempat dan selalu membersihkan lingkungan didalam maupun di luar masjid, ketiga mengadakan kegiatan ceramah atau zikir subuh yang biasanya di isi kajian tentang fiqih ibadah, muamalah dan hal yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat pada saat ini. Faktor penghambat pengurus masjid yaitu Faktor internal yang dimaksud adalah berupa kurang optimalnya pengurus masjid Jami Karya Bakti Palembang dalam mensosialisasikan program atau kegiatannya, serta untuk faktor eksternalnya adalah berasal dari jamaah yang kurang akan kesadaran masyarakat setempat untuk mengerjakan salat subuh berjamaah. Faktor pendukung dalam memotivasi jamaah salat subuh dengan diadakannya ceramah subuh yang dapat membuat para jamaah mendapatkan ilmu atau siraman rohani tentang ibadah dan juga terdapat gerakan subuh yang dilakukan oleh pemerintah kota palembang bapak Harnojoyo dan terdapat fasilitas-fasilitas masjid.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Motivasi, Salat Subuh
Subjects: 200 Agama > 297 Islam > 2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam
200 Agama > 297 Islam > 2x5 Akhlak dan Tasawuf
Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah
Depositing User: DESTRIANI 1930504052
Date Deposited: 20 Jun 2023 01:56
Last Modified: 20 Jun 2023 01:56
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28338

Actions (login required)

View Item View Item