PELAKSANAAN TRADISI BAYAR SANGI PADA MAKAM KERAMAT KUDUS DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM ADAT (STUDI KASUS DESA LINGKIS KECAMATAN JEJAWI KABUPATEN OKI)

Kusuma, Aldi (2023) PELAKSANAAN TRADISI BAYAR SANGI PADA MAKAM KERAMAT KUDUS DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM ADAT (STUDI KASUS DESA LINGKIS KECAMATAN JEJAWI KABUPATEN OKI). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Aldi Kusuma skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Bayar Sangi merupakan kepercayaan dari masyarakat Desa Lingkis Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Bayar sangi adalah kegiatan masyarkat yang melakukan sedekahan pada makam keramat kudus yang bertujuan membayar niat atau Nazar dengan cara melakukan ritual mengaji, berzikir,dan ziarah di makam keramat kudus, dalam tradisi bayar Adapun permasalahan yang peneliti bahas dalam skiripsi ini adalah 1.Bagaimana pelaksaan tradis bayar sangi pada makam kramat kudus di desa lingkis? 2.Bagaimana tinjauan Hukum Adat terhadap pelaksaan tradis bayar sangi pada makam kramat kudus di desa lingkis? 3.Bagaimana tinjauan Hukum Adat terhadap pelaksaan tradis bayar sangi pada makam kramat kudus di desa lingkis? Kemudian untuk mengkaji peneliti melakukan penelusuran melalui observasi lapangan, wawancara dengan beberapa narasumber. Dari penelitian ini dapat di simpulkan bahwa, Menurut Hukum Islam dan Hukum Adat tradisi bayar sangi pada makam keramat kudus itu dibolehkan selama tidak ada unsur meminta-minta kepada makam dan niat dari bayar sangi hanya untuk membayar sangi (niat) kepada makam keramat kudus berupa dalam bentuk ziarah ke makam keramat kudus yang di percayai masyarajat Desa Lingkis sebagai makam ulama yang di keramat.Persamaan antara tokoh adat dan tokoh agama dalam tradisi bayar sangi adalah sama-sama memboleh kan tradisi bayar sangi di lakukan karena menurut tokoh adat maupun tokoh islam adat ini tidak lah bertentangan. Sedangkan perbedaan tokoh adat dan tokoh agama terletak pada niat pelaksaan dari tradisi bayar sangi pada makam keramat kudus. Dan tidak meminta-minta kepada makam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 200 Agama > 297 Islam > 2x4 Fiqih
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 340 Hukum > Filsafat dan teori hukum
Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzhab
Depositing User: Aldi Kusuma -
Date Deposited: 15 Jun 2023 01:38
Last Modified: 15 Jun 2023 01:38
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28353

Actions (login required)

View Item View Item