Analisis Yuridis Praktek Akad Nikah Dua Kali Pada Perkawinan Wanita Hamil ( Studi Kasus di Desa Limbang Jaya Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir)

Putrie Anggraini, Vingky (2023) Analisis Yuridis Praktek Akad Nikah Dua Kali Pada Perkawinan Wanita Hamil ( Studi Kasus di Desa Limbang Jaya Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
REVISI SKRIPISI VINGKY 4_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Praktek akad nikah dua kali atau akad nikah ulang pada perkawinan wanita hamil di Desa Limbang Jaya Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir yang menggambarkan situasi dan kondisi dari masalah yang akan diteliti, karena pada pernikahan yang pertama tidak terpenuhinya rukun dan syarat sahnya pernikahan. Dalam pembahasan ini lebih tepat secara spesifik diistilahkan dengan I‟adah atau lebih umum dengan Tajdid. Permasalahan yang dikaji adalah : (1) Mengapa terjadinya praktek akad nikah dua kali pada perkawinan wanita hamil di Desa Limbang Jaya Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir, (2) Bagaimana status anak yang lahir dari perkawinan akad nikah dua kali pada perkawinan wanita hamil di Desa Limbang Jaya Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan ilir.Jenis Penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder data primer dan tersier. Teknik pengumpulan data dan informasi yang valid untuk penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan. Teknik analisis data pada penelitian ini bersifat deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian dan pembahasan antara lain, (1) Sebab Terjadinya praktek akad nikah dua kali atau akad nikah ulang pada perkawinan wanita hamil di Desa Limbang Jaya Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir yaitu karena tidak terpenuhinya rukun dan syarat sahnya dalam pernikahan. Diantaranya adalah faktor umur dan kurangnya pemamahan masyarakat terhadap pengajuan dispensasi nikah di Pengadilan Agama untuk anak yang menikah dibawah umur, dan terakhir faktor hamil diluar nikah, maka setelah melahirkan pasangan tersebut melaksanakan akad nikah kembali. (2) Status anak yang lahir dari perkawinan akad nikah dua kali pada perkawinan wanita hamil adalah sah apabila yang menikahi ibunya adalah laki-laki yang menghamilinya. Adapun apabila yang menikahi ibunya adalah laki-laki yang bukan menghamilinya maka status hukum anak tersebut ialah hanya mempunyai hubungan nasab dengan ibunya dan keluarga ibunya. Sementara dalam hukum islam menyaratkan minimal jarak waktu antara perkawinan dan melahirkan anak itu 6 (enam) bulan baru dapat dinasabkan kepada bapaknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Akad Nikah Dua Kali, Perkawinan Wanita Hamil
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 340 Hukum > Hukum sosial
Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: VINGKY PUTRIE ANGGRAINI 1930101118
Date Deposited: 15 Jun 2023 01:33
Last Modified: 15 Jun 2023 01:33
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28354

Actions (login required)

View Item View Item