ANALISIS PENINGKATAN BAHAN BAKU JAMUR TIRAM DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PETANI DESA LUBUK LANCANG KECAMATAN SUAK TAPEH

ARISKA, NORIS (2023) ANALISIS PENINGKATAN BAHAN BAKU JAMUR TIRAM DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PETANI DESA LUBUK LANCANG KECAMATAN SUAK TAPEH. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (18kB) | Preview
[img] Text
Bab 1-Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka-Lampiran (2).pdf

Download (621kB) | Preview

Abstract

Usaha jamur tiram yang diproduksi oleh Sienitalo merupakan salah satu industri rumah tangga yang memiliki cukup banyak pelanggan. Usaha industri ini sudah berdiri kurang lebih 5 tahun, bahkan dengan berkembangnya industri kecil ini terdapat kendala atau kesulitan dalam pengembangan usahanya, Pemasaran jamur tiram yang kurang berkembang sehingga mempengaruhi pendapatan ekonomi masyarakat pengusaha Saat ini usaha jamur tiram di Desa Lubuk Lancang belum mampu mengembangkan usahanya. Sebelumnya jamur tiram di Desa Lubuk Lancang tidak pernah melakukan analisis lingkungan, baik lingkungan internal maupun eksternal. Sehingga usaha jamur tiram di desa Lubuk Lancang belum bisa menentukan strategi yang akan diambil. Untuk menjawab hal tersebut, usaha Jamur Tiram memerlukan strategi yang tepat melalui analisis lingkungan internal dan eksternal untuk dapat mengembangkan usaha dan merespon permintaan konsumen melalui analisis SWOT. Penelitian tersebut termasuk penelitian lapangan (field research). Penelitian arsip digunakan dengan menggali informasi dari lokasi atau penelitian lapangan. Penelitian ini bersifat kualitatif, yang menggambarkan kata-kata lisan atau tu lisan, dengan manusia yang berperan penting dalam instrumen penelitian. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa strategi pengembangan komersial jamur tiram Desa Lubuk Lancang, Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin memproduksi (Jamur Tiram) dari bahan baku yang berkualitas tinggi, menggunakan bahan baku bekatul dan serbuk gergaji, dengan bekatul atau bekatul merupakan bahan baku yang baik untuk pembuatan kantong jamur tiram. Berdasarkan hasil analisis SWOT, usaha jamur tiram putih Ibu Laila berada pada growth quarter dan terdapat empat strategi yang dapat digunakan yaitu: Pertama, strategi S-O Untuk menjaga kualitas jamur tiram dengan berusaha mendapatkan bahan baku yang berkualitas. Kedua, Strategi W-O Berusaha meningkatkan strategi promosi penjualan untuk meningkatkan permintaan jamur tiram sehingga keadaan keuangan keluarga juga dapat membaik. Strategi Tiga S-T Menjaga kualitas bahan baku meskipun harga bahan baku naik/mahal. Strategi W-T keempat Memaksimalkan hasil produksi dalam persaingan. Memaksimalkan pengobatan dengan jamur tiram.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bisnis, Analisis Swot, Matriks Qsp
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Bibliografi
Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: NORIS ARISKA 1930602175
Date Deposited: 19 Jun 2023 01:03
Last Modified: 19 Jun 2023 01:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28430

Actions (login required)

View Item View Item