Otak Dalam Perspektif Al Qur'an dan Sains (Studi Analisis Penafsiran Ilmiah Salman ITB Terhadap Qs Al 'Alaq Ayat 15 & 16)

Oktoberyan Tobing, M. Lucky (2023) Otak Dalam Perspektif Al Qur'an dan Sains (Studi Analisis Penafsiran Ilmiah Salman ITB Terhadap Qs Al 'Alaq Ayat 15 & 16). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Halaman Judul.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (521kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (892kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diberi judul, “Otak Dalam Perspektif Al Qur’an dan Sains (Studi Analisis Penafsiran Ilmiah Salman ITB Terhadap Qs Al ‘Alaq ayat 15 & 16). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji tentang tafsir bercorak ilmiah dengan menjelaskan kaidah-kaidahnya, kemudian menemukan kaidah-kaidah tersebut dalam penafsiran Qs Al ‘Alaq ayat 15 & 16 yang berbicara tentang otak manusia dalam tafsir Salman ITB. Tafsir Salman sendiri merupakan sebuah kitab tafsir bercorak ilmiah yang menggunakan kajian dari berbagai ilmu pengetahuan modern, seperti biologi, fisika, psikologi, hingga astronomi sebagai alat bantu dalam menafsirkan ayat-ayat Al Qur’an. Pembahasan tentang otak manusia sebagai pusat saraf yang mengatur Tindakan manusia dalam perspektif Al Qur’an dan sains dibahas secara detail pada kitab tafsir ini. Penelitian terhadap penafsiran Qs Al ‘Alaq ayat 15 & 16 dalam tafsir Salman ini dilakukan menggunakan kajian Pustaka (library research) dengan kitab tafsir Salman ITB sebagai sumber data utamanya. Dikumpulkan juga beberapa data yang berasal dari berbagai sumber seperti buku, artikel, jurnal, dan berbagai karya ilmiah lainnya data pendukung dalam penelitian ini. Semua sumber yang dipakai tersebut dibaca dengan pendekatan deskriptif-analitis. Hasil penelitian ini memperkuat pendapat para ulama yang mendukung adanya kajian tafsir bercorak ‘ilmi dengan memberlakukan beberapa kaidah yang membuat tafsir ‘ilmi dapat diterima. Penafsiran ilmiah Qs Al ‘Alaq ayat 15 & 16 dalam tafsir Salman memenuhi beberapa kaidah, namun ada kaidah-kaidah lain yang tidak terpenuhi sehingga membuat penafsiran tersebut belum sesuai dengan kaidah yang telah ditetapkan dalam kajian tafsir ‘ilmi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Qs Al ‘Alaq Ayat 15 & 16, Tafsir ‘Ilmi, Tafsir Salman
Subjects: 200 Agama > 297 Islam > 2x1 Al-Quran dan Ilmu Terkait
Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76231 - Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (S1)
Depositing User: M. LUCKY OKTOBERYAN TOBING 1910304009
Date Deposited: 19 Jun 2023 01:07
Last Modified: 19 Jun 2023 01:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28439

Actions (login required)

View Item View Item